Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pimpin Ratas, Wapres: Kekerasan Di Papua Harus Segera Diatasi

Senin, 1 November 2021 13:59 WIB
Wapres, Ma’ruf Amin memberikan keterangan persnya usai memimpin rapat tentang Papua di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta, Senin (1/10).
Wapres, Ma’ruf Amin memberikan keterangan persnya usai memimpin rapat tentang Papua di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta, Senin (1/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan percepatan pembangunan kesejahteraan di wilayah Papua. Hal tersebut ditandai dengan diterbitkannya beragam kebijakan afirmasi untuk tanah Papua. 

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan, ke depan akselerasi ini akan terus dilanjutkan oleh seluruh pranata Pemerintah, baik di pusat maupun di daerah untuk mewujudkan Papua yang aman dan sejahtera.

“Pemerintah juga akan terus melanjutkan pembangunan seperti yang sudah digariskan terkait dalam Inpres (Instruksi Presiden) maupun undang-undang untuk meningkatkan kesejahteraan dalam bingkai NKRI untuk menjadikan papua aman dan sejahtera,” kata Wapres saat memberikan keterangan persnya usai memimpin rapat terbatas tentang Papua di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta, Senin (1/10).

Baca juga : Pemimpin G20 Sepakat, Pertengahan Tahun Depan, 70 Persen Warga Dunia Harus Sudah Divaksin

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan, terkait masalah keamanan di Papua, Pemerintah akan hadir dengan sebaik-baiknya untuk menangani hal ini.

“Pemerintah akan menangani dengan sebaik-baiknya sesuai dengan fungsi konstitusional yang mewakili kehadiran negara yang sudah dilakukan penanganan yang sangat baik,” ungkap Wapres dikutip Wapresri.go.id.

Untuk itu, Wapres memberi arahan kepada Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD untuk dapat memimpin koordinasi dengan Panglima TNI, Kapolri, dan Kepala BIN agar tindakan kekerasan di Papua dapat diatasi dengan baik dalam jangka pendek, menengah dan panjang.

Baca juga : Kemerdekaan Dari Corona Adalah Hak Segala Bangsa

“TNI, Polri, BIN akan terus melakukan tugasnya untuk melindungi warga sipil dan melakukan penegakkan hukum dan keamanan kepada para perusuh,” urai Wapres.

Di sisi lain, Wapres juga memberikan arahan kepada jajaran di Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan untuk dapat mengambil langkah sigap dalam membantu pengungsi di Papua.

“Kami menugaskan Kedua kementerian ini untuk melakukan penanganan terhadap pengungsi dengan sebaik-baiknya. Mengenai kesehatan, mengenai sosialnya, mengenai dapur umumnya. Kami mohon Kemsos dan kemenkes segera mengambil langkah,” tegas Amin.

Baca juga : Berkas Rampung, 17 Tersangka Suap Probolinggo Segera Disidang

Menutup keterangan persnya,eks Ketua MUI ini pun berpesan kepada selurh tokoh agama dan tokoh masyarakat di Papua, untuk dapat terus bekerja sama dengan pemerintah menciptakan suasana kondusif di Papua agar seluruh program yang telah diagendakan dapat terlaksana dengan baik.

“Diserukan kepada seluruh masyarakat terutama bagi tokoh-tokoh agama, tokoh adat untuk tetap tenang dan terus bekerja sama dengan Pemerintah, dengan aparat Pemerintah, dan aparat setempat,” pungkas Wapres.

Turut hadir, Menko Polhukam, Mahfud MD, Kapolri, Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI, Hadi Tjahjanto dan Kepala BIN, Budi Gunawan. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.