Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kolaborasi Smesco Indonesia Wujudkan Fesyen Modern Wastra

Senin, 8 November 2021 15:44 WIB
Peluncuran Proyek KRTA di Smesco Indonesia, Jakarta, Senin (8/11). (Foto: Istimewa)
Peluncuran Proyek KRTA di Smesco Indonesia, Jakarta, Senin (8/11). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengatakan, proyek KRTA merupakan bagian dari Smesco LABO yang merupakan inisiatif Smesco untuk menghadirkan UMKM masa depan. Smesco LABO memiliki 4 pilar yang akan dikembangkan untuk menjadi UMKM masa depan yakni sektor makanan, kriya, fesyen dan otomotif.

"Goals-nya nanti KRTA ini bisa menghubungkan kebutuhan UMKM kepada sektor bisnis dan pemasaran. Kita harapkan juga ada deal serta business matching. Saya punya cita-cita, dalam 5 tahun ingin dengar banyak orang menggunakan produk dari KRTA," harap Leo.

Founder LAKON Indonesia Thresia Mareta menambahkan, pagelaran KRTA ini setidaknya menggunakan 200 lembar kain yang melibatkan sekitar 100 UKM dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga : Inggris Nyebelin

"Kami ingin ini tereksplorasi dengan baik. Selanjutnya mereka (UKM) juga akan diberi pendampingan terkait usaha wastra yang mereka jalani, agar mereka dapat naik kelas dan memiliki mata pencaharian yang panjang di masa depan," sebutnya.

Hadir di kesempatan yang sama, Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI Yunita Resmi Sari mengatakan, pihaknya turut melibatkan 181 UMKM wastra binaan BI untuk bergabung dalam proyek KRTA.

Dia berharap, warisan budaya nasional dalam bentuk wastra dan dari tiap daerah dapat diolah serta memberikan nilai ekonomis yang bermanfaat untuk pengembangan UMKM dan ekonomi.

Baca juga : Bangun Kolaborasi Transisi Energi Di Kancah Internasional, Indonesia Cetuskan Program FIRE

"Pengembangan UMKM wastra ini menjadi penggerak ekonomi daerah. Semoga program ini semakin meningkatkan nilai ekonomi wastra di seluruh Indonesia," ujar Yunita.

Executive Vice President Small & Medium Business Development BRI Sepyan Uhyandi menegaskan bahwa pihaknya ingin terlibat dalam proyek KRTA ini untuk menghadirkan UMKM masa depan Indonesia.

"Program ini merupakan salah satu cara untuk menciptakan UMKM masa depan. Dalam membentuk fesyen tersebut dibuat blue print yang tidak hanya berbentuk baju saja, tapi pelatihan, pemasaran, pemilihan bahan dan lainnya dan menyangkut UMKM. Kita ingin ikut serta memajukan UMKM," pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.