Dewan Pers

Dark/Light Mode

Mantap, Kopi Indonesia Rambah Pasar Balkan Eropa

Kamis, 11 Nopember 2021 12:26 WIB
Penandatanganan MoU antara Citra Usaha Anugerah Nikmatindo dan ICCA d.o.o untuk ekspor kopi Indonesia ke Kroasia. (Foto : Antara)
Penandatanganan MoU antara Citra Usaha Anugerah Nikmatindo dan ICCA d.o.o untuk ekspor kopi Indonesia ke Kroasia. (Foto : Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kenikmatan rasa dan aroma kopi Indonesia kini merambah pasar di kawasan Balkan Eropa dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara sebuah produsen kopi Indonesia dan sebuah perusahaan Kroasia.

Kedutaan Besar Indonesia di Zagreb, Kroasia, mengabarkan bahwa MoU yang ditandatangani pada Rabu (10/11), merupakan perjanjian ekspor itu bernilai 1,05 juta dolar AS atau sekitar Rp15 miliar per tahun. 

“Ini untuk pertama kalinya kopi Indonesia akan tembus pasar negara Balkan dengan merek asli kopi Indonesia. Jadi Indonesia tidak lagi hanya menjual biji kopi mentah ke Eropa saja, namun betul-betul akan melakukan ekspor produk jadi kopi Indonesia ke Eropa,” terang Kuasa Usaha KBRI Zagreb, Elbanita Ruru dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/11).

Berita Terkait : Toma Maritime Ingatkan Pemerintah Soal Hak Nelayan

Dia menegaskan bahwa penandatanganan MoU tersebut menjadi bukti bahwa diplomasi ekonomi KBRI Zagreb tidak berhenti di masa pandemi Covid-19. 

Selain itu, kerja sama tersebut menjadi awal merambahnya kopi Indonesia ke negara-negara Balkan yang mencakup Kroasia, Bosnia dan Herzegovina, Albania, Bulgaria, Makedonia Utara, Montenegro serta Turki. 

“Keberhasilan penandatanganan MoU untuk ekspor kopi Indonesia ini diharapkan dapat mendorong perusahaan lain di Indonesia untuk dapat melirik potensi pasar negara-negara di kawasan Balkan, khususnya Kroasia,” ujar Elbanita. 

Berita Terkait : Transformasi Pertanian Indonesia Butuh Peran Milenial

KBRI Zagreb sendiri terus mendorong kegiatan diplomasi ekonomi di Kroasia yang disebutnya dapat menjadi pintu masuk ekspor Indonesia di negara-negara kawasan Balkan.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Citra Usaha Anugerah Nikmatindo Maurice Manurung dan Direktur Pemasaran ICCA d.o.o Ivan Filipovic.

Pihak ICCA d.o.o akan membeli produk kopi siap saji dari Citra Usaha sedikitnya 100 ton per tahun selama tiga tahun. [DAY]