Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gantian Sambangi Indonesia

Menlu Dan PM Malaysia Pamer Kedekatan Negeri Serumpun

Rabu, 10 November 2021 06:30 WIB
Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah (Kiri) dan Perdana Menteri (PM) Ismail Sabri Yaakob (Kanan). (Foto: Istimewa).
Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah (Kiri) dan Perdana Menteri (PM) Ismail Sabri Yaakob (Kanan). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua pejabat penting Malaysia bergantian menyambangi Indonesia. Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah berkunjung pada Senin (8/11). Lalu Perdana Menteri (PM) Ismail Sabri Yaakob, tiba pada Selasa petang (9/11).

Keduanya seperti memamerkan kedekatan hubungan dua negeri serumpun.

Dalam kunjungannya, Menlu Saifuddin bertemu dengan beberapa penggiat kebudayaan Indonesia pada Senin (8/11). Dalam pertemuan itu, Abdullah mengenalkan inisiatif baru dari Malaysia, yakni diplomasi kebudayaan.

Baca juga : Diingatkan Sandiaga, Danau Toba Bisa Gerakkan Sektor Ekonomi Kreatif Di Sumut

Diplomasi budaya ini, jelasnya, bertujuan memperkenalkan budaya masing-masing. Selain itu, juga untuk berbagi pengalaman, berbagi pendekatan peradaban, berbagi kesamaan pendekatan, karena dalam politik luar negeri, kita selalu berbicara tentang kepentingan politik dan ekonomi.

“Tapi kita jarang berbicara tentang kesamaan minat,” tegas Abdullah, saat bertemu para seniman dan budayawan Indonesia di Ritz Carlton, Senin (8/11).

Dia menegaskan, seni dan budaya merupakan salah satu jembatan penghubung dua negara. Kesamaan hal yang disenangi, yakin Saifuddin, membuat kedua negara makin dekat. “Ini juga akan membuat dunia semakin damai,” lanjut Abdullah.

Baca juga : Menkes: Banyak Orang Indonesia PP Ke Malaysia, Penjagaan Harus Diperketat

Di antara pejabat yang ditemuinya, antara lain Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Indonesia Teuku Faizasyah, Direktur Jenderal Kebudayaan Indonesia Hilmar Farid, Ketua Badan Pengurus Lembaga Manajemen Kolektif Wahana Musik Indonesia (WAMI) Cipto Jundarto dan Wakil Ketua Umum Badan Perfilman Indonesia (BPI) Dewi Kumaya.

Dalam kesempatan ini, Abdullah juga menyerahkan 15 karya seni ke Sekretariat ASEAN dan Bilik Malaysia di ASEAN. Karya seni ini diberikannya pada Wakil Tetap Malaysia untuk ASEAN, Kamsiah Kamaruddin.

Beberapa karya seni yang diserahkan antara lain gambar Teh Tarik, Tengkolok Diraja, Kain Tenun Pahang, gambar pemandangan Kuala Lumpur City Centre (KLCC) dan Tepak Sirih.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.