Dark/Light Mode

Insiden Berhasil Ditangani, Operasional Kilang Cilacap Dan Pasokan BBM Normal

Minggu, 14 November 2021 14:42 WIB
Ilustrasi Kilang Cilacap. (Foto: Dok. Pertamina)
Ilustrasi Kilang Cilacap. (Foto: Dok. Pertamina)

 Sebelumnya 
Terkait dengan ketersediaan stok BBM dan LPG akibat insiden tersebut, CEO Subholding Commercial and Trading Alfian Nasution menegaskan bahwa stok baik nasional maupun lokal terjaga dengan baik.

Untuk stok BBM jenis Premium saat ini berada di posisi 27 hari, Pertamax 15 hari, Pertalite di atas 10 hari, Solar 20 hari, Avtur 35 hari serta Pertamax Turbo 50 hari dan LPG 12,7 hari.

"Dengan demikian kami sampaikan masyarakat tidak perlu khawatir, pendistribusian BBM dan LPG berlangsung seperti biasanya baik di daerah Jawa Tengah maupun sebagian Jawa Barat yang merupakan cover area dari kilang Cilacap," ujar Alfian.

Baca juga : Dirut Pertamina Monitor Langsung Pemadaman Tangki Kilang Cilacap

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjamin pasokan BBM dan LPG aman dan tidak terganggu akibat insiden tersebut. Dia berharap tidak ada kepanikan di masyarakat terkait insiden itu.

"Jadi mohon tidak ada panic buying karena stok sangat aman. Malah beberapa produk ini di atas standar minimum, jadi ini sudah melebihi standar stoknya," kata Nicke.

Meski demikian, Nicke menegaskan akan melakukan evaluasi dan investigasi yang menyeluruh terkait insiden di Kilang Cilacap tersebut.

Baca juga : Pertamina Pastikan Masyarakat Sekitar Kilang Cilacap Dalam Kondisi Aman

"Evaluasi dan investigasi ini sangat penting dan kita ambil lesson learned-nya," kata Nicke.

Lebih lanjut Nicke mengatakan, penanganan masyarakat menjadi prioritas utama dalam insiden ini. Masyarakat di sekitar lokasi kilang, menurut Nicke sempat dialihkan ke lokasi yang lebih aman, namun semalam semua masyarakat telah kembali ke rumah masing-masing.

"Kami siapkan tim medis jika memang diperlukan. Jadi penanganan masyarakat merupakan prioritas utama Pertamina," ungkap Nicke. 

Baca juga : Kilang Balikpapan Pertamina Siap Hasilkan Produk Berkualitas

Nicke mengucapkan terima kasih kepada tim Pertamina dan semua pihak baik di daerah maupun pusat.

"Kami pastikan bahwa pasokan BBM dan juga elpiji kepada masyarakat tidak mengalami gangguan dan kilang tetap kami operasikan secara normal," ungkap Nicke.[SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.