Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sambut Bonus Demografi, IHCS 2021 Komitmen Tingkatkan SDM

Selasa, 16 November 2021 20:43 WIB
Sambut Bonus Demografi, IHCS 2021 Komitmen Tingkatkan SDM

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia diperkirakan akan menikmati bonus demografi pada 2030 – 2040 mendatang di mana 64% jumlah penduduk didominasi oleh usia produktif. Sebagai upaya peningkatan kualitas human capital sekaligus mendukung Visi Indonesia Maju maka diselenggarakan acara The 3rd Indonesia Human Capital Summit (IHCS) 2021, yang digelar pada 16 – 17 November 2021 di Jakarta.

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, saat membuka acara IHCS 2021, Rabu (16/11) menyatakan Kementerian BUMN mendukung realisasi transformasi human capital. “Kepemimpinan muda menjadi fondasi yang harus didorong, dan kita punya tanggung jawab moral agar mentorship tetap terjadi. Transformasi human capital menjadi hal yang penting dan Kementerian BUMN memberi FHCI untuk ambil bagian dari transformasi ini melalui berbagai program up-skilling dan re-skilling,” ujarnya.

Baca juga : Menaker: Raih Bonus Demografi, Indonesia Jadi Negara Maju

Pengembangan human capital dan inovasi model bisnis menjadi prioritas utama Kementerian BUMN untuk menjawab tantangan masa depan. Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Alexandra Askandar, mengatakan, “IHCS adalah agenda rutin dua tahunan yang merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata FHCI sebagai mitra strategis pemerintah untuk membangun SDM Indonesia yang unggul. FHCI memiliki peran strategis dalam menjembatani profesional HCM di kalangan BUMN dan swasta dengan akademisi dan Kementerian BUMN,” ujar Alexandra.

Ia mengatakan tema IHCS tahun ini diselaraskan dengan era pandemi dan paska pandemi yang telah mengubah total manajemen human capital di dunia. “RETHINK, REINVEST, REINVENT merupakan cara untuk menjawab tantangan akibat pandemi. Diperlukan cara dan metode baru pengembangan HCM yang sebelumnya tidak atau belum pernah dilakukan, termasuk akselerasi tranformasi teknologi digital untuk mendukung transformasi human capital Indonesia,” tegasnya.

Baca juga : Sambut Hari Sumpah Pemuda, Kemenpora Gelar Napak Tilas Kebangsaan

Secara keseluruhan, Alexandra berharap insights yang diperoleh pada sesi IHCS 2021 dapat menjadi langkah awal dari diskusi mendalam di organisasi para peserta untuk mendukung Transformasi HC dan perubahan way of working paska pandemi di masing-masing organisasi.

Ia juga berharap, sesi dua hari IHCS 2021 dapat memberikan ide gagasan baik bagi penyusun kebijakan, praktisi HC, maupun perguruan tinggi yang berperan dalam pendidikan SDM untuk mendorong pengembangan talenta Indonesia yang unggul dan berdaya saing global, pungkasnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.