Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peran KOTRA Jakarta Global CSR Dalam Memberdayakan Masyarakat Indonesia

Senin, 3 Januari 2022 17:46 WIB
Peran KOTRA Jakarta Global CSR Dalam Memberdayakan Masyarakat Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Seiring dengan perkembangan trend dunia dan upaya dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), saat ini Korea Trade-Investment Promotion Agency (KOTRA) yang beroperasi di 84 negara dan memiliki 127 kantor perwakilan di seluruh dunia sejak tahun 1962 turut serta dengan aktif dalam mendorong perusahaan Korea untuk berkontribusi dan berkolaborasi dengan masyarakat melalui program Global Corporate Social Responsibility (CSR).

Direktur KOTRA Jakarta, Mr Lee Jong-yoon, dalam keterangannya pada media menuturkan KOTRA Jakarta Global CSR sendiri telah dimulai sejak 2016 silam melalui program One Village One Product (OVOP). Bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, CJ Indonesia, Woori Bank, POSCO Indonesia dan KOMIPO, KOTRA Jakarta berupaya mengambil peranan dalam mengembangkan produk-produk Indonesia seperti teh, kopi dan gula di Yogyakarta, Lombok, Bali, Lampung dan Banten. Serta, baru-baru ini KOTRA Jakarta juga berkolaborasi bersama Kemen Desa dan PDT serta Bank IBK Korea untuk mendukung program budidaya padi organik di Ciamis.

Baca juga : KPK Bakal Konfrontir Aliza Gunado Dalam Persidangan Azis Syamsuddin

"Krisis COVID-19 telah membawa KOTRA Jakarta untuk bertramsformasi dalam memberikan manfaat kepada masyarakat dengan secara signifikan memperkuat kegiatan “Global CSR" di bidang kesehatan. Sejak awal pandemi di Indonesia, KOTRA Jakarta beserta perusahaan Korea di Indonesia dengan aktif memberikan bantuan melalui berbagai program donasi" ungkapnya.

Pada pertengahan tahun lalu KOTRA memfasilitasi donasi Oxygen Concentrator dan Oxygen Generator senilai 1,9 milyar rupiah dari KT&G kepada Kementerian Kesehatan dan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi. Donasi berupa peralatan pensteril udara dan penghasil air minum dari udara juga disumbangkan ke fasilitas pemerintah dan rumah sakit dengan dukungan dari AweXome Ray serta ATC dan HeavenDew. Pada tahun 2021 ini, KOTRA Jakarta bersama Gugah Nurani Indonesia meluncurkan K-Peduli (Korea Peduli).

Baca juga : LPEI: Desa Devisa Garap Sumber Potensi Masyarakat

Menurut Mr Lee Jong-yoon, Dua program yang telah dilaksanakan yaitu BTS (Back to School) dan KER (Korea Emergency Response). Program BTS diikuti oleh 15 perusahan Korea dan berhasil menghimpun donasi sebanyak 250 juta yang kemudian disalurkan untuk membantu lebih dari 1000 siswa di 28 sekolah di wilayah Sukabumi dan Bekasi.

Program KER juga diikuti oleh tidak kurang dari 10 perusahan kecil dan menengah Korea yang beroperasi di Indonesia. Program ini juga berhasil menghimpun donasi senilai 250 juta rupiah dan disalurkan kepada 1485 tenaga medis di 13 pusat kesehatan dan pusat krisis COVID-19 di Sukabumi, Jakarta, Bekasi, Medan, Meulaboh, Enrekang, beberapa wilayah di NTT dan wilayah lainnya di Indonesia yang mengalami krisis alat pelindung diri.

Baca juga : Transaksi Mata Uang Lokal Genjot Promosi Perdagangan Dan Investasi RI-China

Melalui Global CSR, lanjut Lee, KOTRA berupaya untuk membuka jalan bagi lebih banyak perusahaan Korea, khususnya perusahan kecil dan menengah untuk dapat lebih dekat menjangkau masyarakat Indonesia dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“ KOTRA ingin memperluas program CSR dan One Village One Product untuk dapat bekerja sama dengan organisasi CSR lokal dan kementerian Indonesia. Kami berharap upaya KOTRA dapat berkontribusi untuk kemakmuran bersama dan membawa hubungan antara Korea dan Indonesia lebih dekat dari sebelumnya “, harap Lee Jong-yoon. [ARM].

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :