Dark/Light Mode

Dokter Gigi Universitas Trisakti Beberkan Manfaat Minuman Herbal Dalam Menangkal Covid-19

Minggu, 9 Januari 2022 12:04 WIB
Dokter Gigi Universitas Trisakti Beberkan Manfaat Minuman Herbal Dalam Menangkal Covid-19

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia adalah salah satu negara dengan sejarah pengobatan herbal yang panjang. Obat herbal, yang memiliki efek imunomodulator, berpotensi sebagai salah satu metode pencegahan dan bahkan agen terapeutik untuk pasien dengan infeksi COVID-19. Senyawa-senyawa herbal ini diasumsikan mampu memodulasi respon imun dan diyakini memiliki efek menguntungkan pada mencegah atau mengobati COVID-19.

Merespon hal ini, dr. Tifauzia Tyassuma, M.Sc, founder Ahlina Institute (Advancing Health Literacy on Nutrition & Spiritual Neuroscience Indonesia), merekomendasikan ramuan herbal yang disebut Samilakor. Samilakor atau kepanjangan dari ‘Sari Minuman Rempah asli Lawan Korona’, dapat memodulasi dan meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Baca juga : Menko PMK Janji Jembatani Ke Dunia Industri

dr. Tifauzia, menjelaskan, Samilakor mengandung berbagai jenis rempah yang dapat mudah ditemukan di Indonesia. Diantaranya jahe merah, jahe putih (Zingiber officinale), kunyit (Curcuma longa), sereh (Cymbopogon citratus), lemon (Citrus limon), gula aren (dari pohon aren, Arenga pinnata), dan daun bambu (Gigantochloa apus). Bahan dan rempah yang digunakan ini telah terbukti memiliki efek imunomodulator dan dalam beberapa studi disebutkan bahwa rempah-rempah tersebut mungkin memiliki peran dalam pengobatan maupun pencegahan COVID-19. Obat-obatan herbal dapat bertindak secara langsung atau tidak langsung dengan menyerang virus, jalur interaksi virus-host, jalur sinyal, reseptor host, dan target molekuler.

"Samilakor berperan sebagai suplemen herbal imunomodulator, dengan bahan rempah asli Indonesia yang mudah didapat. Ramuan ini dapat dijadikan solusi bagi langkah pencegahan COVID-19 dan peningkatan kualitas hidup secara umum, oleh karena itu perlu disebarkan dengan pelatihan sehingga masyarakat dapat secara mandiri menjaga kesehatannya" ungkap Tifauzia .

Baca juga : Universitas Trilogi Sulap Perkotaan Menjadi Kampung Hijau Berbasis Eduwisata

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (FKG Usakti) terpanggil untuk melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dalam bentuk pelatihan berupa pembuatan minuman herbal sebagai imunomodulator kepada komunitas Forum SA3 Bidakara Jakarta Selatan secara virtual dan luring untuk pemberian bahan-bahan mentah rempah Samilakor serta minuman Samilakor siap minum bertempat di kantor komunitas Forum SA3 Bidakara Jakarta Selatan, kata dosen FKG Usakti drg Yuniar Zen, Sp.Ort .

drg Yuniar Zen, yang juga ketua PkM FKG Usakti menuturkan, Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada 19 Desember 2021 lalu diikuti 30 orang komunitas Forum SA3 Bidakara Jakarta Selatan berlangsung menarik, bahkan antusiasme komunitas sangat tinggi, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Beberapa anggota komunitas Forum SA3 Bidakara Jakarta Selatan mengucapkan terima kasih atas pelatihan yang diberikan, dan ingin diadakan kembali pelatihan serupa.

Baca juga : Universitas Trilogi Berikan Pelatihan Literasi Perpajakan Bagi UMKM

Pada PkM kali ini drg Yuniar Zen, Sp.Ort. di bantu beberapa dosen, mahasiswa dan alumni diantaranya drg Abdul Gani Soulisa,MPH, drg. Bernard Iskandar, SpKG (K), drg. Wiena Widyastuti, Sp.KG (K), drg. Indhra Cahyanita, dan drg. Flanery Witoko.

Dengan kegiatan PkM ini, drg Yuniar berharap komunitas Forum SA3 Bidakara Jakarta Selatan mendapat keterampilan baru dalam menjaga kesehatan dengan minuman herbal selama masa pandemi, pungkasnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.