Dewan Pers

Dark/Light Mode

Covid-19 Meningkat, FKG Usakti Berikan Tips Aman ke Dokter Gigi

Rabu, 12 Januari 2022 12:22 WIB
Covid-19 Meningkat, FKG Usakti Berikan Tips Aman ke Dokter Gigi

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemik Covid-19 di Indonesia yang belum selesai, bahkan dibeberapa negara mengalami kenaikan cukup tinggi, salah satu penyebab kematian pada pasien covid-19 karena terjadinya badai sitokin, hal ini karena banyak ditemukan masalah Kesehatan gigi dan mulut di masyarakat . Ungkap dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti, Dr. drg. Trijani Suwandi, Sp.Perio pada media kemarin.

"Kelainan gigi dan gusi, dimana diketahui adanya gigi berjejal dan radang gusi dapat menyebakan virus Sar-cov 2 mudah menempel di dalam rongga mulut melalui reseptor, yang dapat menyebabkan terjadinya badai sitokin" jelas drg. Trijani Dalam memproteksi diri pencegahan Covid-19, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bekerjasama dengan masyarakat wilayah 14 Podomoro city Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat secara virtual (4/12) lalu.

Berita Terkait : Kasus Covid-19 Melonjak, Wagub DKI: Bukan Karena Lemahnya Prokes

Oleh karena itu, Lanjut Trijani, sangatlah penting menjaga kebersihan gigi dan mulut serta perlu pemeriksaan ke dokter gigi bilamana ditemukan kelainan gigi dan gusi, yang bilamana dibiarkan akan mengakibatkan badai sitokin, yang tentunya memperparah kelainan tersebut.

Trijani yang juga ketua PkM FKG Usakti mengingatkan masyarakat, untuk mencegahan penularan Covid-19 melalui 6M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan, hindari makan Bersama). Selain itu jika mengalami kelainan gigi dan gusi agar memeriksakannya k dokter gigi.

Berita Terkait : Penanganan Kedaruratan Trauma Gigi dan Tips Aman ke Dokter Gigi Di Masa Pandemi Covid-19

Pada kegiatan PkM selain memberikan penyuluhan terkait proteksi diri pencegahan Covid-19, juga memberikan pelatihan mencuci tangan dan memakai masker yang benar serta memberikan tips aman ke dokter gigi, seperti pengukuran suhu tubuh, pengisian data diri terkait Covid-19, swab antigen, dan sebelum Tindakan dilakukan berkumur antiseptic. Pada saat Tindakan pun dokter gigi menggunakan alat high vacuum evacuator daan extra oral suction untuk menangkap aeorosol yang didapatkan pada saat perawatan dengan bor atau skeling, sehingga terjadinya penularan terhadap Covid-19 sudah diminimalisasi.

Sebagai tambahan pada kegiatan PKM beranggotakan 10 orang terdiri dari : Ketua : Dr.drg. Trijani Suwandi, Sp.Perio Anggota : Prof.Dr.drg. Lies Zubardiah,Sp.Perio, Dr. drg Ciptadhi Tri Oka, M.Kes., drg Olivia Sahelangi, Sp.Perio Mahasiswa MIKG : drg Irvan Septian Syahputra Alumni : drg. Jackson, SKG, MKG Mahasiswa Profesi : Novyca, SKG., Nadya Ramli, SKG, Fitria Kharisna, SKG dan IT : Yuli Satria, S.Pd. [ARM]