Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jadi Menteri, Hartanya Berkurang 1,2 T

Sandi Tekor, Tapi Semakin Kesohor

Sabtu, 11 September 2021 07:35 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/9/2021). (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/9/2021). (Foto: Rizki Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ini masih soal berita kekayaan para pejabat. Di saat kekayaan pejabat lain dikabarkan bertambah miliaran rupiah, justru harta Sandiaga Uno malah berkurang setelah jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kurangnya nggak tanggung-tanggung. Mencapai Rp 1,2 triliun. Meski kantongnya tekor, politisi Gerindra ini patut bersyukur juga, karena makin kesohor. Namanya pun sering masuk lima besar survei-survei Capres 2024.

Sandi -sapaan akrab Sandiaga Uno- menjadi salah satu menteri terkaya di Kabinet Indonesia Maju. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2020 yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Sandi memiliki kekayaan sebesar Rp 3,81 triliun.

Jumlah kekayaan tersebut turun dibandingkan LHKPN saat Sandi mencalonkan diri menjadi wakil presidennya Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 lalu. Saat itu, hartanya mencapai Rp 5,09 triliun. Ini artinya, selama menjadi menteri, harta Sandi malah turun Rp 1,2 triliun.

Berita Terkait : Keuangan Negara Semakin Ribet

Dalam laporan kekayaan terbarunya, Sandi memiliki 18 tanah dan bangunan senilai Rp 208,94 miliar. Tiga bangunan di antaranya bertengger di Amerika Serikat. Meski kaya, mobil yang ada di garasi Sandi, terbilang biasa. Karena hanya ada Nissan Grand Livina keluaran 2013, dan Nissan X-Trail keluaran 2015, yang ditaksir nilainya Rp 295 juta.

Pengusaha kelahiran 52 tahun silam itu juga mempunyai harta bergerak lainnya senilai Rp 3,2 miliar. Sandi juga memiliki surat berharga senilai Rp 3,11 triliun. Tecatat, Sandi mempunyai kas dan setara kas senilai Rp 629,21 miliar. Lalu, harta lainnya senilai Rp 43,34 miliar.

Berbanding terbalik dengan kondisi kekayaannya, tren popularitas Sandi makin melejit. Karena, sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dia rajin terjun langsung ke daerah-daerah. Alhasil, elektabilitasnya naik terus. Dia pun langganan masuk lima besar Capres 2024 dengan elektabilitas tinggi.

Berita Terkait : Berantas Rentenir, Teten Perkuat Peran Pembiayaan Mikro Koperasi

Misalnya, saja di survei Lembaga Indikator Politik besutan Burhanudin Muhtadi. Survei yang dirilis 25 Agustus lalu menempatkan Sandi di posisi lima besar Capres 2024. Dia memiliki elektabilitas 5,4 persen. Berada di bawah posisi Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil.

Di survei Capres LSI Denny JA, Sandi juga masuk jajaran lima besar Capres dengan elektabilitas tinggi. Dalam survei yang dirilis 17 Juni 2021 lalu, Sandi berada di posisi empat dengan elektabilitas 7,6 persen. Di bawah Prabowo, Ganjar dan Anies.

Sandi juga masuk dalam posisi lima sebagai capres 2024 dalam survei Parameter Politik Indonesia yang diumumkan 5 Juni 2021 lalu. Elektabilitas Sandi di angka 7,5 persen. Di bawah Prabowo, Ganjar, Anies, dan AHY.
 Selanjutnya