Dark/Light Mode

CCEP Indonesia Bersama Bambu Foundation Gelar Aksi Bersih-bersih Sungai dan Tanam Pohon

Sabtu, 29 Januari 2022 20:26 WIB
CCEP Indonesia Bersama Bambu Foundation Gelar Aksi Bersih-bersih Sungai dan Tanam Pohon

RM.id  Rakyat Merdeka - Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia), melalui Pabrik Bekasi 1, bersama dengan Bambu Foundation dan segenap unsur masyarakat mengadakan aksi bersih-bersih kali serta tanam pohon, Kamis (27/1) lalu. Kegiatan kali ini merupakan bagian dari gerakan konservasi sumber daya air, terutama yang berada di Daerah Aliran Sungai Sadang dan Cikedokan, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat.

Turut hadir pada kegiatan kali ini, perwakilan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) 3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Kapt. Inf. Aswan Siregar, perwakilan Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 20; tokoh masyarakat Kabupaten Bekasi yang sekaligus anggota DPR RI, Obon Tabroni; serta perwakilan masyarakat Desa Sukadanau.

Baca juga : Ketua Kadin Dorong Pebisnis Berbagi Informasi Dan Teknologi

Kapt. Inf. Aswan Siregar, dalam keterangannya pada media mengapresiasi langkah yang dilakukan CCEP Indonesia dalam upaya konservasi sungai kali ini. Dirinya berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal menuju gerakan-gerakan kepedulian lingkungan hidup, terutama yang terkait dengan aliran sungai di Kabupaten Bekasi.

“Pekerjaan kita hari ini luar biasa, sangat luar biasa, perihal kepedulian kita terhadap lingkungan yang ada di Kabupaten Bekasi. Mudah-mudahan kedepannya kegiatan konservasi daerah aliran sungai maupun kegiatan pelestarian lingkungan dapat semakin saling bersinergi dan kolaborasi dari semua pihak. Bila perlu kita terus bergerak ke wilayah lain di aliran sungai Citarum, yang juga membutuhkan program penanaman atau penghijauan. Agar tanggul di sepanjang aliran sungai Citarum tidak jebol, amblas, dan lain sebagainya,” ucap Aswan.

Baca juga : Usai Libur, Singo Edan Bersiap Hadapi Persipura

Di kesempatan yang sama, Eko Jatmiko, Direktur Bambu Foundation menyampaikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan kegiatan konservasi ini. Menurutnya, langkah-langkah konkrit sangat dibutuhkan saat ini dalam upaya konservasi aliran sungai. Keterlibatan semua pihak juga disebutnya menjadi hal penting dalam mencapai tujuan bersama.

“Apa yang dibutuhkan hari ini untuk lingkungan hidup adalah gerak nyata. Kita harus melakukan upaya-upaya konservasi ini sesegera mungkin dengan pendekatan Pentahelix. Apa yang dilakukan CCEP Indonesia hari ini bisa menjadi contoh baru pendekatan ini, bagaimana kita semua berkolaborasi untuk lingkungan hidup yang lebih baik,” jelas Eko.

Baca juga : 6 Seniman Indonesia Ramaikan Beijing International Art Biennale

Sebagai salah satu perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Bekasi, CCEP Indonesia merasa perlu untuk turut andil dalam upaya konservasi lingkungan hidup, termasuk di sungai yang ada di sekitar area operasional. Hal ini juga merupakan bagian dari prioritas perusahaan dalam upaya regenerasi air melalui konservasi sumber daya air. “Kegiatan ini merupakan komitmen kepedulian kami terhadap upaya menjaga lingkungan hidup. Semoga ini merupakan permulaan yang baik dalam proses konservasi sumber daya air di sungaisungai yang ada di Kabupaten Bekasi,” ujar Nurlida Fatmikasari, Regional Corporate Affairs Manager Central Indonesia Region, CCEP Indonesia.

Sekitar 20 peserta, yang terdiri dari perwakilan karyawan CCEP Indonesia dan relawan KSKC turun aksi pada kegiatan kali ini. Dengan dukungan penuh dari jajaran pemerintah daerah, melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) 3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, kegiatan ini berhasil mengumpulkan 1.710 kilogram sampah serta menanam 200 lebih bibit pohon bambu dan jenis lainnya di sepadan aliran Sungai Sadang-Cikedokan, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat. Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan pelepas liaran burung puyuh ke ekosistem Sungai Sadang. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.