Dewan Pers

Dark/Light Mode

Lestarikan Budaya Betawi, Universitas Budi Luhur Dukung Festival Pantun

Jumat, 11 Maret 2022 06:02 WIB
Lestarikan Budaya Betawi, Universitas Budi Luhur Dukung Festival Pantun

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam mendukung pelastarian dan menjaga serta melestarikan budaya asli Indonesia ke penerus generasi bangsa, Universitas Budi bersama Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jakarta Selatan dan UMKM Gue Girang mengadakan acara Festival Lomba Pantun di Gedung Grha Mahardika Bujana, Universitas Budi Luhur, Kamis (10/3).

Walikota Jakarta Selatan Munjirin, S.Sos, M.Si mengatakan acara lomba pantun ini sangat bermakna dan menjadi agenda tradisi yang akan diadakan pada setiap tahunnya. Pantun, kata dia, budaya Betawi yang harus dilestarikan dan dijaga.

Berita Terkait : KSP Pastikan Kesiapan Fasilitas Pendukung MotoGP Mandalika

“Tentunya kita harapkan, dengan lomba pantun ini akan menjadi tradisi yang akan kita teruskan dari tahun-ketahun sebagai bentuk pelestarian budaya kita agar budaya pantun khususnya budaya pantun Betawi tetap harus kita kembangkan di Jakarta Selatan ini," ujar Munjirin.

Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM, mengatakan pantun Betawi adalah bagian dari warisan budaya yang terdapat di Indonesia. Oleh karena itu, kewajiban semua pihak untuk melestarikan budaya pantun Betawi.

Berita Terkait : Kemenperin Pasang Kuda-kuda Antisipasi Banjir Impor Tekstil Bangladesh

"Kita ingin mengajak mahasiswa dan masyarakat Indonesia yang umumnya untuk mulai bertutur kata untuk menggunakan pantun supaya penyampaianya lebih menarik dan ada seninya karena kita juga ingin melestarikan budaya luhur nusantara," pungkasnya. [ARM]