Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Fikom UMB Bersama USM Ciptakan Aplikasi Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan

Jumat, 11 Maret 2022 08:17 WIB
Fikom UMB Bersama USM Ciptakan Aplikasi Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Mercu Buana (UMB), bekerjasama dengan School of Communication Universiti Sains Malaysia (USM) dan SMAN 2 Kota Tangerang menggelar pengabdian kepada masyarakat yang dihadiri narasumber tamu Dr. Mohamad Saifudin Mohamad Saleh (Wakil Dekan Akademik, Karir dan Internasional School of Communication Universiti Sains Malaysia), secara Virtual Selasa, ( 8/3).

Salah satu narasumber team dosen FIKOM UMB Dr. Irmulansati T, SH, M.Si mengatakan tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memperkuat karakter siswa agar peduli pada lingkungan bersih, rapi, asri, dan nyaman dengan membuang sampah pada tempatnya, serta aktivitas positif lainnya, baik secara langsung maupun bermedia.

Baca juga : Gerakan Siap Darling Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan di Situs Warisan Sejarah

" Salah satu cara untuk menjaga lingkungan hijau dengan mengajak generasi muda dalam hal ini melalui aplikasi penyebarluasan virus positif menjaga lingkungan hijau di Kota Tangerang" Jelas Irmulan Sati, melalui platform zoom meeting, acara tersebut diikuti sekitar 350 peserta, yang terdiri dari siswa siswi kelas X SMAN 2 Kota Tangerang.

Salah satu team dosen FIKOM UMB Dr Irmulansati Tomohardjo, Dr Ispawati Asrie dan Fauzi Nur Iman, M.Kom, mengulas tentang aplikasi sosialisasi interaktif yang seringkali dibutuhkan remaja dalam menyebarluaskan virus positif menjaga lingkungan hijau, khususnya di Kota Tangerang.

Baca juga : Jamal Mirdad Dilaporkan ke Polisi Atas Dugaan Penipuan Jual Beli Rumah

Dengan Tema utama “Komunikasi Lingkungan: Perspektif Budaya, Teknologi, Pendidikan guna Membangun Kesadaran Menjaga Lingkungan Hijau di Kalangan Remaja”. Irmulan mengajak Pelajar, Guru melalui aplikasi interaktif ini untuk menjaga lingkungan hijau dengan penggunaan aplikasi komunikasi dengan konten kreatif, persuasif sekaligus kritis, tidak asal membuat social media discourse yang tidak relevan dengan kebutuhan remaja.

Adapun team dosen FIKOM UMB yang terlibat penuh dalam rangkaian acara Pengabdian Pada Masyarakat tersebut Dr. Suraya, M.Si (Dosen Tetap sekaligus Ketua Bidang Studi Broadcasting FIKOM) membahas perubahan lingkungan dalam kacamata fotografi,. Kedua, Riski Briandana, M.Comn, PhD (Dosen Tetap FIKOM sekaligus Direktur Akademik dan Kemahasiswaan UMB) mengulas secara detil tentang implementasi komunikasi lingkungan dengan strategi menanggalkan kantung plastik dalam segala aktivitas remaja. Dr. Afdal Makkuraga, M.Si (Dosen Tetap sekaligus Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UMB), yang mengkaji tentang nilai – nilai kepedulian terhadap lingkungan, sebagai bagian proses pembelajaran yang akan membawa dampak positif untuk pertumbuhan remaja. Bagian kelima, Morissan, PhD, (Dosen Tetap FIKOM UMB) mengulas persepsi publik dalam penggunaan kantung plastik. Serta, Dr. Nurhayani, M.Si (Dosen Tetap FIKOM UMB) membahas tentang penggunaan etika dalam komunikasi lingkungan. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.