Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Juvara Antigen & C-Saliva PCR, Kenalkan Test Covid-19 Tanpa Rasa Sakit

Kamis, 19 Mei 2022 19:38 WIB
Juvara Antigen & C-Saliva PCR, Kenalkan Test Covid-19 Tanpa Rasa Sakit

RM.id  Rakyat Merdeka - PT. Jayatunggal Sekarmulia, produsen dan distributor alat kesehatan meluncurkan 2 produk tes diagnostik untuk mendeteksi Covid-19 yaitu Juvara tes deteksi antigen mandiri (self-test) dan C-Saliva PCR yang telah sesuai dengan arahan WHO serta Kementerian Kesehatan RI, kamis (19/5).

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin juga menyatakan dalam sebuah keterangan pers (17/5), “Saya pernah sampaikan ke teman-teman, bahwa salah satu hal yang paling penting untuk bisa melakukan transisi dari pandemi ke endemi, selain data-data saintifiknya, adalah pemahaman bahwa tanggung jawab kesehatan itu ada di diri masing-masing.” ucapnya.

Baca juga : Innalillahi, Kematian Karena Covid Dua Kali Lipat Angka Resmi

Direktur PT. Jayatunggal Sekarmulia, Michael Rusli, mengatakan bahwa PT. Jayatunggal Sekarmulia akan terus berkontribusi melakukan proses kemandirian dalam tes COVID-19. “Kedua alat ini, Juvara self-test dan C-Saliva PCR diproduksi untuk dapat digunakan secara mandiri, tanpa rasa sakit, dan sangat aman digunakan oleh siapapun,” jelasnya dalam konferensi pers.

Menurutnya, Juvara self-test adalah sebuah alat uji kualitatif immunochromatographic assay yang dirancang untuk mendeteksi protein Covid-19 secara mandiri yang dihasilkan oleh virus yang bereplikasi di area hidung (nasal). Salah satu keunggulan dari produk kesehatan ini adalah stick pengambil sampel cukup di rongga hidung, tidak perlu sampai masuk ke nasofaring sehingga lebih nyaman. Juvara self-test sudah diuji oleh UNPAD dengan hasil sensitivitas/spesivisitas 100%/100%.

Baca juga : Optimalisasi Fitur, OVO Bagikan Tips Aman Transaksi Digital

Juvara self-test sangat tepat digunakan pada masa transisi status Covid-19 dari pandemi menjadi endemi saat ini, sehingga masyarakat bisa melakukan tes antigen mandiri dengan hasil akurat hanya dalam waktu 10 menit tanpa harus ke klinik, bertemu dokter, atau ke rumah sakit. "Juvara self-test sangat cocok diterapkan di sekolah-sekolah, perkantoran dan pabrik yang mewajibkan tes antigen secara berkala" ungkapnya.

Michael Rusli menjelaskan, selain Juvara self-test Covid-19, PT. Jayatunggal Sekarmulia juga meluncurkan C-Saliva PCR. C-Saliva merupakan viral transport medium untuk pengambilan spesimen mikrobiologi, transportasi dan penyimpanan sampel air liur untuk dianalisis dengan uji diagnostik berdasarkan asam nukleat. Keunggulan C-Saliva antara lain tidak memerlukan persiapan khusus (tidak perlu berpuasa) sebelum pengambilan spesimen, larutan bersifat inactivated untuk mengurangi risiko penularan, lebih aman dalam pengumpulan dan transportasi, aman disimpan dalam suhu ruang selama 7 hari (tidak perlu disimpan dalam pendingin) dengan kualitas tetap terjaga, dan sangat cocok untuk pengambilan spesimen anak kecil.

Baca juga : Korsel Perlakukan Pasien Covid Kayak Pasien Biasa

“C-Saliva memfasilitasi uji diagnostik rutin seperti ekstraksi RNA dan uji PCR. Isi nilai kesesuaian C-Saliva PCR dengan nasofaring dalam kemasan adalah KAPPA 0,66 (sangat kuat) dan NPN 99,42%,” terang Divisi Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, dr. Lia Faridah, M.Si.

Sebagai tambahan, Juvara Self-Test dan C-Saliva saat ini sudah dapat dibeli di online commerce, seperti shoppee dan tokopedia, juga tersedia di retail outlet konvensional. Info penggunaan dan jaringan penjualan resmi Juvara self test dan C-Saliva dapat dilihat di situs www.Juvara.id dan www.c-saliva.com. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.