Dewan Pers

Dark/Light Mode

Lax Teknologi Kenalkan Kamera Pendeteksi Kebakaran

Kamis, 16 Juni 2022 20:57 WIB
Kamera pendeteksi kebakaran yang dilengkapi teknologi Flame Camera dan Fire Alarm. (Foto: Istimewa)
Kamera pendeteksi kebakaran yang dilengkapi teknologi Flame Camera dan Fire Alarm. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Lax Teknologi Indonesia mengenalkan kamera pendeteksi kebakaran canggih yang dilengkapi dua sensor, yakni visible censor dan near infrared censor.

CEO PT Lax Teknologi Indonesia Besti Melisa Nelwan mengatakan,  CIQURIX banyak berinovasi dengan camera pendeteksi api, di antaranya: mampu deteksi api rata rata kurang dari 20 detik, dan mampu mendeteksi api hingga kejauhan 180 meter. Bahkan Ciqurix mengklaim tinggat kesalahan atau false alarm dengan Ciqurix adalah 1:1000.

Berita Terkait : Penantian 15 Tahun Garuda Terwujud

“Ciqurix juga mudah di iintegrasi dengan system fire alarm yang sudah ada. CIQURIX flame camera dibantu dengan dua sensor; visible censor dan near infrared censor,” katanya dalam keterangannya, Rabu (16/6).

Dia mengungkapkan, kedua sensor berguna untuk membedakan karakter api dilihat dari warna, bentuk, pergerakan api. Jadi mampu membedakan api sungguhan atau bukan. 

Berita Terkait : Holywings & Le Blanc Bikin Pameran Pernikahan Unik

Sementara itu, TELETEK adalah alarm kebakaran yang banyak berinovasi. Salah satunya di tipe iRIS8 addressable fire alarm systems yang merupakan alarm kebakaran yang canggih dan kuat serta menjadi produk unggulan dari Teletek Electronics. Cerdas dan maju secara teknis, telah meningkatkan integrasi dan kemampuan jaringan untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan dari bangunan dan instalasi kecil hingga besar.

"Tujuan awal iRIS8 adalah digunakan untuk peringatan alarm kebakaran tetapi karena desainnya yang fleksibel, iRIS8 dapat dimodifikasi untuk menjalankan banyak fungsi lain seperti aplikasi kontrol dan indikasi, dengan integrasi langsung ke smart building melalui protokol MODBUS,” katanya.

Berita Terkait : Wayan Sudirta: Pendidikan Kader Bekal Pengabdian Kepada Rakyat

Besti menambahkan, konfigurasi yang tersedia bervariasi dari 1 hingga 8 loop deteksi. iRIS8 dapat berjejaring hingga 64 panel, menjadikannya ideal untuk market besar. Diantaranya, sekolah, rumah sakit, ritel/supermarket multi-situs, infrastruktur penting dan fasilitas komersial dan industri utama. Dikombinasikan dengan struktur modular dan fitur jaringan. Bahkan ditahun ini Teletek berinovasi melahirkan wireless fire detection, compatible untuk addressable and conventional fire alarm 

“Kemajuan teknologi CIQURIX dan TELETEK diboyong PT. LAX TEKNOLOGI INDONESIA dalam menjawab kebutuhan solusi di industry Fire dan security system. Berharap Inovasi ini membawa Indonesia dalam pembangunan perkembangan teknologi 4.0 dimasa mendatang,” katanya. ■