Dark/Light Mode

Mindfulness, Kunci Sukses UMKM di Era Digital

Jumat, 24 Juni 2022 21:51 WIB
Mindfulness, Kunci Sukses UMKM di Era Digital

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati HUT Kota Jakarta yang ke-495, JNE menghadirkan program webinar JNE Ngajak Online 2022 Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Jakarta yang mengusung tema “Mindfulness, Kunci Usaha Melejit”. Acara ini menghadirkan lebih dari 200 UMKM Jakarta untuk bertukar pikiran mengenai pentingnya mindfulness dalam berbisnis.

Presiden Direktur JNE, Feriadi mengatakan program ini dilaksanakan sejak 2017 silam yang melibatkan lebih dari 1000 UMKM di Indonesia. “Program ini kami laksanakan untuk memberikan inovasi, strategi, dan kolaborasi di era digital agar UMKM dapat meningkatkan potensi dan daya saing di era post-normal.”

Baca juga : Rightsizing Langkah Strategi Perusahaan Bertahan di Era Digital

Bicara soal kondisi pasar di era post-normal, Kurnia Nugraha selaku Head of Media Relations JNE membuka diskusi dengan menyampaikan “Saat ini UMKM menghadapi era Triple Disruption. Dengan pasar Millenial dan Post Gen-Z yang mendominasi masyarakat, pelaku usaha perlu menyasar segmen tersebut.”

“Melalui inovasi dan konsistensi, pebisnis perlu tahan banting dengan mental baja untuk menghadapi berbagai tantangan dan kompetisi yang ada”, tambah Kurnia.

Baca juga : Peneliti UI: Indonesia Sukses Tingkatkan Produksi Pangan Nasional

Pasar yang kompetitif serta pesatnya gebrakan teknologi saat ini berpotensi memiliki pengaruh buruk bagi kondisi psikologis seorang pengusaha. Hal ini disepakati oleh Adrie Basuki selaku Fashion Entrepreneur & Mindfulness Coach, Najla Bisyir selaku Founder Bittersweet by Najla, dan Tities Sapoetra selaku Celebrity Designer yang turut hadir sebagai narasumber.

Menanggapi hal ini, Adrie Basuki selaku Mindfulness Coach menyampaikan “Yang perlu dipahami adalah apakah kita benar-benar stres, atau belum mendorong diri kita untuk maju ke depan. Sebelum memutuskan untuk self reward, penting untuk meningkatkan kemampuan menghadapi masalah.”

Baca juga : Indonesia Makin Wangi Di Dunia

Dalam webinar ini mindfulness disadari menjadi senjata ampuh untuk keluar dari berbagai situasi yang tak menguntungkan karena tuntutan bisnis yang serba cepat di era disruptif. Sehingga berbagai solusi bisa diterapkan untuk menjernihkan pikiran dan melahirkan inovasi baru yang kreatif dan kolaboratif.

Sebagai informasi, Jakarta merupakan kota ke-20 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Jakarta, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Palembang pada 27 Juni 2022. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.