Dark/Light Mode

Tips Bayar Cicilan Pinjaman Online dengan Lancar dan Lekas Lunas

Kamis, 10 November 2022 08:10 WIB
Gambar Ilustrasi
Gambar Ilustrasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai produk pinjaman dengan syarat dan proses pengajuan yang ringan, pinjaman online kerap dijadikan sebagai pilihan oleh masyarakat untuk mendapatkan dana dengan cepat. Produk keuangan berbasis digital ini ideal dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah finansial yang mendesak dan datang mendadak.

Alasannya karena pinjaman online atau pinjol dapat diajukan hanya dengan bermodalkan identitas pribadi, seperti, KTP, NPWP, dan rekening internet banking dan dapat dicairkan dalam hitungan jam saja. Alhasil, masyarakat dari hampir semua kalangan mampu memanfaatkan layanan keuangan tersebut kapan pun dibutuhkan.

Hanya saja, karena proses pengajuan yang begitu mudah dan praktis, tidak sedikit orang memanfaatkan pinjaman online dengan kurang waspada serta tak mempertimbangkan kondisi keuangannya. Dampaknya, beban cicilan terasa begitu membebani hingga berisiko sulit dilunasi dan akhirnya menggunung.

Tentunya, agar terhindar dari risiko tersebut, Anda wajib memahami beragam tips membayar cicilan pinjaman online dengan lancar dan teratur. Untuk lebih jelasnya, simak 5 tipsnya berikut ini.

1. Jeli Memilih Layanan Pinjaman Online

Hal pertama dan utama yang harus dilakukan agar mampu membayar cicilan pinjaman online dengan lancar adalah memilih penyedia layanan yang tepat. Anda harus jeli dalam memilih layanan pinjaman online karena ada banyak oknum pinjol ilegal yang siap menjebak dengan beban bunga dan denda keterlambatan mencekik.

Baca juga : BPJAMSOSTEK Cilandak Sosialisasikan Perlindungan Jasa Konstruksi

Salah satu ciri utama dari layanan pinjaman online yang legal, kredibel, dan terpercaya adalah yang telah mengantongi status terdaftar dan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. OJK sendiri merupakan lembaga independen yang bertugas untuk menyusun aturan sekaligus mengawasi industri jasa keuangan di Indonesia.

Artinya, saat sebuah pinjaman online, dijamin segala aturan dan kebijakan layanannya telah disesuaikan dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Salah satu contoh platform pinjaman online yang terpercaya dan resmi di Indonesia adalah Indodana.

Mengantongi status terdaftar sekaligus izin usaha, kredibilitas Indodana tidak perlu diragukan lagi karena menerapkan dengan disiplin aturan yang telah ditentukan OJK. Misalnya, Indodana menawarkan produk pinjaman dengan tingkat bunga bersaing, sistem keamanan terjamin, serta beragam fitur yang mampu memudahkan nasabah dalam melunasi cicilan dengan rutin dan lancar.

2. Cek Tingkat Bunga yang Dibebankan

Selain itu, Anda juga wajib memerhatikan tingkat bunga yang dibebankan oleh penyedia pinjaman online. Layanan pinjaman online yang resmi dan legal tidak akan memberikan beban bunga melebihi 0,8 persen per hari, atau 24 persen per bulan.

Perlu diingat jika nilai bunga tersebut merupakan nilai maksimal atau paling tinggi. Dalam kata lain, tidak sedikit penyedia pinjaman online yang menawarkan layanan kredit dengan tingkat bunga lebih rendah.

Baca juga : Kemenhub Terbitkan SE Pengaturan Operasional Penerbangan Di Bandara Ngurah Rai

Dengan tingkat bunga lebih rendah, beban cicilan kredit umumnya juga akan menjadi lebih terjangkau. Jadi, risiko untuk kesulitan membayar angsurannya di akhir bulan lebih tidak mungkin terjadi.

3. Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan Bayar

Agar lebih mudah melunasi cicilan pinjaman online, Anda tentu harus mengajukan pinjaman dengan nominal sesuai kebutuhan dan kemampuan bayar. Yang utama, usahakan untuk tak mengajukan pinjaman dengan nominal di atas 30 persen penghasilan tiap bulan. Sebagai contoh, dengan penghasilan 5 juta, pastikan tanggungan seluruh kredit yang dimiliki di bawah 1,5 juta agar keuangan sanggup melunasinya secara rutin sekaligus mencukupi kebutuhan primer lain.

4. Hanya Manfaatkan Pinjaman Sebagai Penunjang Produktivitas

Dibandingkan dengan produk keuangan lainnya, pinjaman online relatif memiliki tingkat bunga yang lebih besar. Hal ini disebabkan karena tidak adanya syarat memberikan aset berharga sebagai jaminan aktivitas kredit sehingga pihak penyedia layanan memegang risiko yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, hindari mengajukan pinjaman ini untuk memenuhi kebutuhan konsumtif yang hanya memberi manfaat jangka pendek saja. Melainkan, gunakan pinjol untuk menunjang produktivitas atau pekerjaan Anda, seperti, membeli laptop baru yang mampu mengoptimalkan kinerja, menambah modal bisnis, atau semacamnya. Dengan begitu, tambahan penghasilan yang didapatkan dapat diputar kembali untuk melunasi cicilan kredit sekaligus memenuhi kebutuhan pokok lainnya.

5. Fokuskan Keuangan untuk Lunasi Cicilan Pinjol

Tips terakhir, usahakan memfokuskan keuangan untuk melunasi cicilan pinjol. Hal ini penting untuk dilakukan karena akan ada sanksi denda kalau sampai Anda terlambat melunasi cicilannya, apalagi sampai mengalami kredit macet.

Baca juga : Jasa Raharja Perkuat Perlindungan Wisata Di Labuan Bajo

Tidak hanya itu, konsekuensi lain seperti skor kredit yang menurun dan aktivitas penagihan dari debt collector bisa membuat hidup terasa tidak nyaman. Karenanya, manajemen risiko perlu diperhatikan saat berencana untuk mengajukan produk keuangan ini, seperti, mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan, memilih layanan yang kredibel, dan langsung menyisihkan penghasilan untuk melunasi cicilannya di awal bulan.

Lakukan Pertimbangan dengan Bijak Sebelum Ajukan Pinjaman Online

Itulah beberapa tips yang penting untuk dilakukan agar mampu melunasi cicilan pinjaman online dengan lancar dan tanpa kendala. Yang terpenting, cari tahu dulu legalitas dan kredibilitas penyedia pinjaman online dengan memastikan status terdaftar dan izin usaha dari OJK. Seperti layanan yang ditawarkan oleh Indodana, pinjaman online yang resmi pasti memiliki tingkat bunga bersaing, keamanan terjamin, dan memudahkan nasabah dalam melunasi cicilannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.