Dark/Light Mode

Translate Aksara Jawa Menggunakan Aplikasi Bagaskara

Senin, 12 Desember 2022 14:47 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Terdapat banyak aplikasi yang tentunya dapat memudahkan pnggunanya dalam melakukan translate bahasa satu ke bahasa lainnya, salah satunya yaitu Bagaskara. Bagi kamu yang penasaran, berikut cara lengkapnya.

1. Download Aplikasinya

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan yaitu mendownload aplikasinya. Tidak perlu khawatir, sebab mendownloadnya dapat dilakukan dengan mudah melalui Playstore ataupun Appstore. Untuk kapasitasnya pun tidak terlalu berat, jadi tetap dapat digunakan dengan nyaman.

Baca juga : Tips Menggunakan Aplikasi Video Alight Motion Makin Pro

2. Ketik Bahasa yang Diinginkan

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan setelah mendownload aplikasinya yaitu mengetikan kata yang diinginkan. Selain itu kamu juga menggunakan foto, maksudnya yaitu dengan menfotokan teks yang ingin di translate ke dalam bahasa Jawa.

3. Tunggu Hasilnya Hingga Selesai

Baca juga : Kroasia Sesumbar Bakal Jadi Juara

Setelah mengetikan atau memfoto dokumen yang ingin di translate, langkah terakhir yang perlu dilakukan yaitu menunggu hasilnya hingga selesai. Perlu diperhatikan bahwa saat menunggu hasil, pastikan koneksi internet dalam keadaan stabil sebab jika tidak, maka hasil translatenya tidak akan bisa dilakukan.

Aplikasi ini memang memudahkan penggunanya dalam melakukan transliterasi bahasa latin ke Jawa sebab selain mudah, tampilannya juga user friendly sehingga dapat digunakan siapapun dengan mudah. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan baik menggunakan handphone maupun komputer.

Saat ini banyak orang semakin tertarik untuk mempelajari bahasa Jawa, hal tersebut karena masyarakat ingin mengenal lebih jauh seputar kebudayaan Jawa. Namun kebanyakan buku sejarah terkhusus tentang Jawa ditulis menggunakan aksara Jawa. Bagi kamu yang belum terlalu paham aksara Jawa tidak perlu khawatir, sebab translate aksara Jawa sangatlah mudah.■

Baca juga : Program Police Smart Siap Jemput Aspirasi Dan Keluhan Masyarakat

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.