Dark/Light Mode

Astra Land Indonesia Hadirkan Township Berkonsep Eco Green di Cikupa

Kamis, 15 Juni 2023 22:02 WIB
Astra Land Indonesia Hadirkan Township Berkonsep Eco Green di Cikupa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada tahun 1990-an, bukan keputusan mudah bagi kebanyakan orang untuk memilih hunian di daerah Serpong, Tangerang. Tapi kini, ditunjang berbagai kemudahan akses dan kelengkapan fasilitas, Serpong telah menjelma menjadi salah satu lokasi favorit para pencari hunian. Hal ini berdampak positif pada terus meningkatnya harga property di daerah tersebut.  

Tak bisa dimungkiri, sebagai daerah penyangga ibu kota, Tangerang telah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Perkembangan properti residensial terus meningkat. Hal ini berdampak positif pada terus meningkatnya harga property di daerah tersebut.  

Kini, selain Serpong, pembangunan di kawasan Tangerang pun mulai beralih ke arah barat, seperti halnya ke wilayah Cikupa karena didukung oleh kemudahan akses seperti kehadiran Tol Serpong-JORR W2, JORR2 Serpong-Kunciran-Bandara dan JORR2 Serpong-Balaraja-Bandara.  

Yunus Karim selaku Head of Research JLL Indonesia mengatakan bahwa pada dasarnya pembangunan infrastruktur, khususnya yang dapat meningkatkan aksesibilitas dari dan menuju suatu wilayah, dapat menjadi faktor pendorong pergerakan pertumbuhan properti, khususnya sektor residensial.

Baca juga : Ketum Sahabat Banteng Indonesia Instruksikan Seluruh Kader Menangkan Ganjar Presiden

“Di sisi lain, penyediaan fasilitas yang memadai dan lengkap dari sisi komersial, pendidikan, dan kesehatan di suatu wilayah juga akan menarik permintaan ke wilayah tersebut sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan sektor properti,”tuturnya.

“Beberapa faktor yang akan memengaruhi pembeli dalam menentukan properti yaitu, pertama adalah lokasi. Selanjutnya adalah kelengkapan fasilitas, reputasi pengembang, dan aksesibilitas. Dengan segala faktor yang telah dipertimbangkan di atas, keterjangkauan harga menjadi faktor penentu bagi pembeli untuk memilih produk yang sesuai bagi mereka sehingga dimungkinkan untuk mencari produk di tempat baru atau berkembang,”jelasnya.

“Untuk daerah Cikupa, sudah tersedianya akses terhadap jalan tol dari dan menuju Jakarta, serta adanya faktor kedekatan dengan area Serpong yang secara fasilitas (komersial, pendidikan, kesehatan) sudah lebih established sebagai sebuah kota mandiri, menjadi magnet tesendiri bagi para pencari hunian. Terlebih dari sisi harga, properti di Cikupa juga masih cukup terjangkau,”terangnya.

“Selain itu, sebagai wilayah berkembang, Cikupa tentunya juga akan terus dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik. Salah satunya rencana MRT membuat Koridor Bitung-Balaraja di Kabupaten Tangerang, termasuk kawasan Cikupa,”ucapnya.

Baca juga : Australia-Indonesia Bangun Fasilitas Keselamatan Maritim Dan Inspeksi Kapal

“Dari sisi pasar, pasar properti di Cikupa sangat menarik karena dekat dengan kawasan industri sebagai potensi target market. Land availability juga masih cukup banyak sehingga berpotensi untuk melakukan pengembangan yang terencana oleh para pengembang baik lokal maupun internasional yang telah hadir di wilayah tersebut,”pungkasnya.

Mengacu pada potensi Cikupa sebagai daerah yang tengah berkembang, Astra Land Indonesia (ALI) yang merupakan perusahan joint venture antara dua developer besar, Astra Property dan Hong Kong Land, melalui anak usahanya PT Lazuli Karya Sarana saat ini tengah membangun projek township di Cikupa.  

Berdiri di atas lahan kurang lebih seluas 50 hektar, projek township di Cikupa memiliki lokasi yang sangat strategis.  Berada di jalur existing Toll Jakarta-Tangerang, lokasi township hanya memiliki jarak tempuh sekitar lima menit dari gerbang tol Cikupa, serta hanya berjarak sekitar 15 menit menuju Karawaci, dan 20 menit ke Gading Serpong. 

Projek township PT Lazuli Karya Sarana nantinya juga akan didukung oleh tiga akses tol. Selain itu projek juga akan didukung future access Tol Balaraja- Semanan yang merupakan tol baru yang menghubungkan lokasi township dengan Semanan, Jakarta Barat.  Serta memiliki future access Tol Kamal – Teluk Naga – Rajeg, yang menghubungkan lokasi township dengan area Jakarta Utara dan Bandara Soekarno – Hatta.   

Baca juga : Taman Safari Indonesia Raih Penghargaan Internasional dari MATFA

Menyasar generasi milenial, keluarga muda, dan kaum eksekutif, projek township hadir mengusung  konsep desain lanskap eco-green, yang mengutamakan prinsip pelestarian lingkungan hidup. 

“Dalam setiap projek propertinya, Astra Land Indonesia selalu berkomitmen untuk menghadirkan hunian yang mampu meningkatkan kualitas hidup penghuninya. Dengan inspirasi desain lanskap township mengusung ide kembali ke alam, kami harapkan projek dapat menjawab kebutuhan masyarakat urban, di mana hunian dapat menjadi tempat yang nyaman, tidak hanya untuk beristirahat tapi juga untuk beraktivitas dan dapat menjadi tempat bertumbuh yang ideal bagi keluarga,” kata Alvin Kurniawan, Sales & Marketing Head PT Lazuli Karya Sarana. 

“Dari sisi fasilitas publik, projek township ini didukung dengan adanya retail existing seperti Happy Walk (area retail ruko untuk food & beverage), ruko Terrace 8 dan Terrace 9, pasar modern serta area lifestyle Kedaton Golf. Serta dalam waktu dekat akan hadir area superblock retail, hotel, dan Mal Samanea yang saat ini sudah memasuki tahap konstruksi. Sedang untuk fasilitas pendidikan, sudah tersedia sekolah St Laurensia Cikupa,”ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.