Dark/Light Mode

CCEP Indonesia Dukung Pilot Project Waste Management di Kota Bogor

Minggu, 5 November 2023 06:35 WIB
CCEP Indonesia Dukung Pilot Project Waste Management di Kota Bogor

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai bagian dari komitmen Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) fokus pada enam bidang sosial dan lingkungan utama dengan dampak signifikan, yakni : iklim, pengemasan, minuman, masyarakat, air serta rantai pasokan, CCEP Indonesia mendukung program Pilot Project Waste Management di Kota Bogor.

Mengambil lokasi pendampingan kepada bank sampah rintisan di Kecamatan Bogor Selatan, CCEP Indonesia menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas pengurus bank sampah dengan melibatkan ASOBSI DPD Kota Bogor, Bank Sampah Rintisan di Kecamatan Bogor Selatan, komunitas Rumah Sinergi Lestari dan mahasiswa/i Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka.

Baca juga : LSP Pers Indonesia Angkat Diah Warih Anjari Jadi Anggota Dewan Pengarah

Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, Asep Faisal Rahman dalam keterangan tertulisnya pada media, mengapresiasi CCEP Indonesia dalam komitmennya sebagai pelaku usaha menjalankan program pengurangan sampah bersama komunitas dan dilaksanakan di Kota Bogor, dimana sampah yang dihasilkan di Kota Bogor diperhitungkan mencapai 600 ton per hari, terdiri dari sampah organik dan anorganik.

Menurutnya, dengan 29 unit TPS 3R yang beroperasional di Kota Bogor, sangat memerlukan dukungan masyarakat untuk menangani dan memilah sampah dari sumbernya, yakni dari rumah tangga dan juga memerlukan peranan dari bank sampah dan para pengurusnya untuk terus melakukan sosialisasi pemilahan sampah kepada masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Baca juga : LG Indonesia Umumkan Pemenang LG Objet Design Competition 2023

Pelatihan peningkatan kapasitas 25 pengurus bank sampah yang dilaksanakan meliputi tata kelola administrasi bank sampah, dimana juga menggunakan modul pelatihan yang disampaikan oleh pemagang MSIB Kampus Merdeka.

Regional Pubic Affairs Manager CCEP Indonesia, Nurlida Fatmikasari menyampaikan upaya peningkatan kapasitas tata kelola bank sampah oleh para pengurus bank sampah, terutama dalam hal administrasi kepengurusan , pengelolaan kegiatan bank sampah, data persampahan dan juga administrasi pembukuan menjadi aspek penting dalam usaha pengembangan aktivitas bank sampah. Demikian juga dengan pendampingan para pemagang MISB Kampus Merdeka kepada beberapa bank sampah di Kota Bogor juga melengkapi pendekatan Nona-Helix untuk pengelolaan sampah yang diinisiasi CCEP Indonesia.

Baca juga : Tokopedia Dukung UMKM Gracious Project Ciptakan Peluang Bisnis Produk Natural Di Bali

Para mahasiswa/i MSIB Kampus Merdeka untuk program pengelolaan sampah yang juga mendampingi bank sampah di Kota Bogor dengan konsentrasi kemampuan ; kemitraan komunitas, akuntansi keuangan, pengembangan bisnis, inovasi produk. Dimana peran mahasiswa/i sebagai akademisi juga berperan secara positif untuk masyakat dan lingkungannya.

"Dengan melalui program pemagangan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah dan mendapatkan kemampuan, pengetahuan dan sikap di dunia industry dengan cara bekerja dan belajar secara langsung dalam proyek atau permasalahan riil, pungkas Nurlida.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.