Dark/Light Mode

LG Indonesia Umumkan Pemenang LG Objet Design Competition 2023

Senin, 23 Oktober 2023 22:50 WIB
Kemeja Putih : Marketing and Relations Director of LG Electronics Indonesia, Jay Jang menyerahkan hadiah dan Tropi pada Juara Pertama Kategori Profesional LG Objet Design Competition 2023
Kemeja Putih : Marketing and Relations Director of LG Electronics Indonesia, Jay Jang menyerahkan hadiah dan Tropi pada Juara Pertama Kategori Profesional LG Objet Design Competition 2023

RM.id  Rakyat Merdeka - LG Objet Design Competition resmi memiliki pemenang yang berhak atas total hadiah senilai Rp 200 juta rupiah. Selain tiga pemenang yang mewakili karya terbaik dari kedua kategori yang dipertandingkan, Mahasiswa dan Professional, kompetisi tingkat nasional bagi desain hunian yang mengusung tema “Harmonisasi Rumah Modern” ini juga memiliki penghargaan khusus berupa Social Media Award bagi masing-masing kategori di Jakarta, Senin (23/10).

Tiga pemenang utama masing-masing kategori didapat dari penjurian antara PT. LG Electronics Indonesia (LG) sebagai penyelenggara, bersama dengan perwakilan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jakarta. Hal ini merupakan dukungan kedua institusi besar yang menaungi profesi arsitek dan desainer interior di Indonesia ini sejak awal penyelenggaraannya. Sementara bagi Social Media Award, pemenangnya ditentukan dari popularitas karya di social media.

Penilaian yang multi aspek ini didukung dengan ragan latar belakang keahlian dari ketiga juri didalamnya. Ar Novriansyah Yakub dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, memberi penilaian terkait sudut pandang hunian masa depan dari perspektif arsitektur bangunan, sedangkan Diana Nazir dari Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jakarta membagikan keahliannya dengan memberi evaluasi dari sisi tata desain dalam ruang. Sebagai perwakilan dari perusahaan, Jay Jang selaku Marketing and Relations Director of LG Electronics Indonesia, di Jakarta.

Baca juga : Studio Game Indonesia Ramaikan Gamescom Asia 2023

Juara pertama untuk kategori Profesional dimenangkan oleh Marcellus Rafi. Sedangkan untuk juara kedua dan ketiga diraih oleh David Wibowo Sampurna dan Ogi Julian Saputra. Marsha Theresia sukses meraih kategori Social Media Award sebagai hasil karya yang mendapatkan likes terbanyak setelah hasil karyanya di post di platform Instagram.

Untuk kategori Mahasiwa, Massa menjadi juara pertama. Vincentius Bhima Ardhatama dan Kesi Nurmilawati menjadi juara kedua dan ketiga. Social Media Award diserahkan kepada Vanidia Vegantara. Kategori Mahasiwa ditujukan untuk mahasiswa jenjang Pendidikan D3-S1 Arsitek dari Universitas di Indonesia serta para arsitek dan interior designer yang tidak menjadi anggota IAI dan HDII.

“Kami berharap, seluruh karya pemenang ini dapat menginspirasi bagi tumbuhnya desain dan tatanan sebuah hunian modern yang juga mengedepankan harmonisasi antara pengguna, ruang dan produk elektronik yang mendukung kesehariannya,” ujar Lee Taejin, President of LG Electronics Indonesia yang diwakili Jay Jang selaku Marketing and Relations Director of LG Electronics Indonesia. Lebih lanjut dikatakannya, sepanjang kompetisi yang dihelat dari 22 Juli hingga 8 September lalu, LG Objet Competition ini telah berhasil menarik minat lebih dari seratus peserta yang mengirimkan karyanya.

Baca juga : GMF Aero Asia Perpanjang Kerja Sama Dengan Airbus Hingga 2028

Menurutnya, penamaan LG Objet Design Competition sendiri diambil dari nama yang sama pada koleksi terbaru LG. Ditujukan bagi keluarga modern, koleksi ini tersebar dari perangkat kulkas, mesin cuci, air purifier dan TV. Hal yang menjadi ciri pembedanya ada pada pilihan sentuhan akhir yang lebih berwarna serta desainnya yang estetis. TV LG OLED Pose menjadi salahsatu koleksinya. Kaki penopangnya yang jangkung membuatnya lebih menyerupai sebuah kanvas lukisan, Sementara perangkat LG WashTower yang menempatkan mesin cuci dan pengering pakaian bertumpuk, dibuat mampu menghemat ruang penempatan sekaligus memberikan performa perawatan pakaian dengan dukungan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI).

“Keseluruhan koleksi ini dibuat dalam semangat memenuhi kebutuhan gaya hidup modern pada sebuah hunian yang melampaui fungsi dan performa. Namun juga mengedepankan estetika serta harmonisasi antar ruang yang memberikan kenyamanan penghuninya,” ujar Jay Jang. Semangat yang sama dari LG Objet inilah, yang menurutnya, beresonansi dalam tujuan utama penyelenggaraan lomba desain hunian LG ini. Tak hanya mengutamakan pada desain hunian modern, namun juga memberikan penekanan perhatian estetika sekaligus harmonisasi ruang dengan tata letak berbagai perangkat elektronik.

Lebih lanjut ia menyatakan, kemenangan peserta sendiri didasarkan pada hasil terbaik dari empat hal utama yaitu tema dan konsep, material finishing, desain dan tata letak serta visibilitas produk elektronik yang diwakili LG Objet Collection. Melalui karyanya, para pemenang dinilai mampu menjawab tantangan rancangan harmonisasi hunian ini dengan memanfaatkan benar keunggulan yang dibawa masing-masing LG Objet Collection.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Jepang Pamer Tenun Ulos Di Resepsi HUT TNI

“Kami berharap LG Objet Design Competition ini dapat mempopulerkan visi harmonisasi rumah modern yang dapat diaplikasikan masyarakat. Sekaligus menginspirasi bagi tumbuhnya karya-karya lain ke depannya kelak,” pungkas Jay Jang.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.