Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menjaga Kesehatan Gigi di tengah Pandemi

Kamis, 30 Juli 2020 09:38 WIB
Menjaga Kesehatan Gigi di tengah Pandemi

RM.id  Rakyat Merdeka - “Dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru, perawatan gigi di tengah pandemi Covid-19 dapat dilakukan asal memenuhi protokol kesehatan.”

Hal tersebut dikatakan drg. Sheila Soesanto, MKG selaku ketua pelaksana dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (FKG Usakti) yang dilakukan secara daring pada delapan orang perwakilan masyarakat RT 014/RW 008, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, DKI Jakarta (28/7).

Baca juga : Masa Depan Indonesia Setelah Pandemi Covid-19 Ada di Desa

“Melalui penyuluhan yang berjudul Pencegahan Gigi Berlubang dan Cara Pembersihan Yang Tepat di Masa Pandemi Covid-19, kami mengajak masyarakat untuk  selalu menjaga dan merawat gigi secara benar. Kami juga akan melatih cara menyikat gigi yang benar agar masyarakat terhindar dari penyakit gigi dan gusi.  Namun apabila ada keluhan sakit gigi yang sangat menggangu, kita dapat menelpon dokter gigi untuk melakukan konsultasi secara daring (telemedicine) dan dokter gigi akan memutuskan perlu tidaknya datang ke tempat prakteknya atau cukup diberi resep saja. Jangan takut bila harus pergi ke dokter gigi karena dokter gigi mengikuti protokol kesehatan yang ketat,” tutur drg. Sheila

Masyarakat yang mengikuti penyuluhan dan latihan sikat gigi secara daring begitu antusias bertanya seputar kesehatan gigi di tengah pandemi Covid-19 karena sebelumnya belum pernah ada penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut di daerah ini. Masyarakat juga semangat berlatih menyikat gigi dengan cara yang benar. “Sering-sering diadakan kegiatan seperti ini lagi karena kami jadi mengerti cara menyikat gigi yang benar,” kata Sarsiyah, salah satu peserta penyuluhan.  Pengetahuan masyarakat pun tentang kesehatan gigi dan mulut meningkat setelah diberikan penyuluhan. Hal ini terlihat dari hasil tes setelah penyuluhan yang lebih baik dari hasil tes sebelum penyuluhan.

Baca juga : Olahraga Sehat di Tengah Korona

Adapun tim PKM FKG Usakti terdiri dari Dr. drg. Joko Kusnoto, MS, Sp.Ort, drg. Octarina, MSi, drg. Magdalena Juliani, MKes, drg. Levina Handayani, drg. Rezky Anggraini, drg. Priska Natassya, Ricky Chandra Jaya Soen, Reynalda Oktaviani, dan Arda Candra Mahendra, SKM. Dengan PkM ini, diharapkan kesadaran masyarakat akan kesehatan gigi meningkat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga dapat memutus penyebaran Covid-19 dan kebersihan gigi dan mulut terjaga.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.