Dark/Light Mode

Tips Aman Aktifitas di Luar Rumah

Jumat, 31 Juli 2020 10:46 WIB
Tips Aman Aktifitas di Luar Rumah

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu faktor tingginya tingkat penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya di DKI Jakarta karena masih lemahnya penerapan protokol kesehatan terutama ketika beraktifitas di luar rumah, kata Dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) drg. Indy Labaron, sp, Pros.

"Kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol belum seratus persen, terutama saat melakukan aktifitas di luar rumah seperti tidak memakai masker, mencuci tangan atau pakai hand sanitizer, dan menjaga jarak" jelas drg Indy dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) FKG Usakti secara daring dengan warga RT015 RW001 Kelurahan Kebon Kelapa Jakarta Pusat (30/7). 

Baca juga : Ini Yang Digali Penyidik Dari Saksi Nurhadi

Kegiatan PkM ini, lanjut Indy, merupakan salah satu tridharma perguruan tinggi FKG Usakti terhadap masyarakat, berupa sosialisasi, pelatihan dan pendidikan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 dan hal ini sejalan dalam  membantu pemerintah.

Dengan tema " Penyuluhan dan Pelatihan Tentang Proteksi Diri dan Orang Lain, Untuk Mencegahan Penularan Covid-19 di RT015 RW001 Kelurahan Kebon Kelapa Jakarta Pusat" Beberapa warga antusias mengikuti daring, hal ini terlihat dari beberapa warga yang mencari informasi terkait penyebaran Covid-19, pencegahan dan antisipasi ketika terkena atau terpapar korona. Peserta turut mempraktekkan cara mencuci tangan yang benar 6 tahap WHO, etiket batuk dan berkumur dengan obat kumur.

Baca juga : Pakistan Siap Jadi Tuan Rumah Forum Pariwisata Dunia

Tips saat berada di luar rumah antara lain adalah pakai masker, jangan pernah menyentuh wajah sebelum cuci tangan, lakukan cuci tangan yang     benar, hindari kerumunan, selalu menjaga jarak minimal 1 meter, hindari penggunaan lift    jika ramai, jangan berjabat tangan, dan lakukan etika bersin dan    batuk yang    benar. Tak kalah penting yang perlu dilakukan saat kembali ke dalam rumah antara lain lepas alas kaki sebelum memasuki rumah, semprot desinfektan pada barang yang dibawa, lepaskan masker kain untuk dicuci dan masker sekali pakai dibuang di tempat sampah tertutup, cuci tangan, buka pakaian untuk dicuci, segera bersihkan seluruh tubuh dengan sabun, dan bila perlu berkumur dengan obat kumur yang aman. 

Pada tim PkM FKG Usakti kali ini melibatkan beberapa dokter, alumni, dan mahasiswa co-ass drg, diantaranya:
1. Drg. Indy Labaron, Sp. Pros
2. Drg. Niko Falatehan, Sp. Pros
3. Drg. I Gusti Ayu Ratih Utari Mayun, Sp. Pros
4. Drg. Nova Adrian, Sp. Pros
5. Drg. Davit A.S
6. Feri Muhktar, S.KG
7. Bryan Wangidjaja, S.KG
8. Karen Averil, S.KG.
9. Claudia, S. KG

Baca juga : Industri Farmasi Dan Alkes Didorong Jadi Tuan Di Rumah Sendiri

Ditengah Covid-19, Idealnya masyarakat menahan diri untuk aktifitas di luar rumah, apabila terpaksa seharusnya masyarakat mengetahui dan menjalankan protokol kesehatan  agar dapat memutus rantai penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat menjalankan aktifitas secara normal namun terjaga, pungkas Indy. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.