Dark/Light Mode

Tujuh Tips Aman di Angkutan Umum Saat Pandemi

Rabu, 1 Juli 2020 19:09 WIB
Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro. (Foto: BNPB)
Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan warga masyarakat yang ingin menggunakan angkutan umum harus memerhatikan tujuh protokol kesehatan.

"Pertama memastikan diri dalam kondisi yang sehat, jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan atau sesak napas tetap di rumah," kata Reisa di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (1/7).

Baca juga : Tips Berbelanja Aman di Pasar Saat Pandemi Covid-19

Kedua, jika betul-betul membutuhkan transportasi umum untuk bepergian, disarankan menggunakan transportasi yang menerapkan jumlah penumpang terbatas.

Yang ketiga, ujar Reisa, calon penumpang wajib selalu menggunakan masker termasuk saat berada di dalam kendaraan.

Baca juga : Persiapan Piala AFC U-16, Bima Sakti Panggil 26 Pemain

Reisa menambahkan protokol kesehatan yang keempat adalah Kemudian rajin mencuci tangan atau minimal menggunakan cairan pembersih tangan.

Poin kelima, kata dia, para penumpang angkutan umum diimbau tidak menyentuh area wajah terutama mata, hidung dan mulut saat tangan dalam keadaan kotor.

Baca juga : BNI Berikan Angin Segar Untuk UMKM Bangkit dari Pandemi

"Keenam tetap perhatikan jaga jarak fisik minimal satu meter dengan orang lain," ujarnya.

"Sementara yang ketujuh atau terakhir, apabila kendaraan umum yang akan dinaiki tersebut padat penumpang dan sulit untuk menjaga jarak fisik maka penggunaan pelindung wajah dan masker sangat disarankan," pungkasnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.