Dark/Light Mode

Suka Duka Kuliah Kerja Nyata di Tengah Pandemi Covid-19

Kamis, 27 Agustus 2020 17:26 WIB
Suka Duka Kuliah Kerja Nyata di Tengah Pandemi Covid-19

RM.id  Rakyat Merdeka - Melakukan kegiatan dengan masyarakat di tengah pandemi Covid-19, bukanlah sesuatu yang mudah, hal tersebut dialami mahasiswa Universitas Budi Luhur (UBL) saat melakukan program program Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode 2019/2020 di pedurenan, Ciledug, Tangerang, Banten baru-baru ini.

Ketua Tim KKN UBL, Dika Ardiantoro mengatakan sempat mengalami beberapa kendala saat memulai program kerjanya, mulai dari perijinan dari RW lalu perbedaan pendapat dengan organisasi kepemudaannya. Sehingga harus mencari solusi agar program kerja tetap berjalan.

“Awal kita menyampaikan program kerja sempat ada penolakan dan terkendala perijinan di RW setempat. Jadi solusinya yakni kita membuat penyuluhan dan mengumpulkan anak-anak itu tidak lebih dari 10 orang, kita juga menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak, menggunakan masker sehingga kita mendapatkan ijin.” Jelas Dika.

Baca juga : 30 Perusahaan di Bekasi Jadi Klaster Covid-19

Hal senada dikatakan satu peserta KKN, Rana Karmina menyebut bahwa pemilihan lokasi di sini selain lokasinya dekat dengan kampus ia menyebutkan bahwa warga di Pedurenan masih banyak yang acuh mengenai bahayanya covid-19.

“Warga di sini masih banyak yang acuh dengan protokol kesehatan covid-19, makanya kita memilih lokasinya di sini yakni untuk memberitahu dan menghibau mengenai bahayanya covid-19.” Sebut Rana.

Kuliah kerja nyata yang dilakukan di  Pedurenan ini terdiri dari 10 peserta dari Fakultas yang berbeda. Diisi dengan mengajar, bantuan sosial, 17an, membantu menyemprotkan desinfektan, membantu UKM warga,  jalan sehat, kerja bakti, mengadakan lomba-lomba, posyandu, peduli lingkungan serta membuat mural mengenai covid-19 dan kemerdekaan Indonesia yang ke-75. Agar hasilnya bagus dan rapih tim KKN menggunakan projektor yang ditembakkan langsung ke dinding rumah warga. Selain itu mural ini juga dijadikan spot foto baru oleh warga, tambah Dika.

Baca juga : Cerdas Finansial Bagi Gen Z di Masa Pandemi

Seluruh peserta KKN Pedurenan, mengaku  senang selama menjalankan kuliah kerja nyata karena bisa mengenal lebih dekat masyarakat Pedurenan yang ramah, mendapatkan pengalaman baru serta bisa mengajak masyarakat untuk mengerti bagaimana bahaya covid-19, tutupnya.

Sementara salah satu warga Pedurenan, Khodhijah sangat berterimakasih pada adik-adik mahasiswa Universitas Budi Luhur sudah berkenan, mengadakan mural seperti ini

“Kami masyarakat RT 01 sangat berterima kasih pada adik-adik mahasiswa Universitas Budi Luhur sudah berkenan, mengadakan mural seperti ini.” ucapnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.