Click Here

Dark/Light Mode

Dosen Fikes UNAS, Berhasil Raih Gelar Doktor

Sabtu, 19 September 2020 09:06 WIB
Dosen Fikes UNAS, Berhasil Raih Gelar Doktor

RM.id  Rakyat Merdeka - Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional Siti Syamsiah, S.ST., M.Keb. berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat di Universitas Andalas, Padang (15/9) lalu. 

Sidang promosi doktor yang digelar secara online melalui zoom meeting dengan judul Disertasi “Model Prediksi Perilaku Kesehatan Berdasarkan Literasi Kesehatan Pada Ibu Dengan  Anak Obesitas”. Syamsiah mengatakan penelitiannya bertujuan untuk mengetahui model prediksi perilaku kesehatan berdasarkan literasi kesehatan pada ibu dengan anak obesitas. Menurutnya, obesitas pada anak sangat terkait dengan peran atau fungsi health literacy pada orang tua.

Berita Terkait : Telkomsel dan Fish On Kolaborasi Sejahterakan Nelayan

“Disertasi ini fokus pada upaya orang tua dalam hal ini ibu dan ayah dalam konteks keluarga, dituntut untuk mampu berperan secara lebih maksimal dalam memiliki kapasitas untuk mendapatkan, mengelola, dan memahami informasi kesehatan secara mendasar dan layanan yang dibutuhkan untuk kesehatan yang tepat bagi anak-anaknya supaya terhindar dari obesitas,” kata Syamsiah Perempuan kelahiran Banjarmasin 7 September 1974 itu.

Ia melanjutkan, upaya yang efektif dalam pencegahan dan menekan angka kejadian obesitas pada anak adalah fungsi dan peran health literacy pada orang tua. Dikemukakan nya, bahwa health literacy merupakan keterampilan, pengetahuan dan motivasi untuk mengakses, memahami, menilai dan menerapkan informasi kesehatan dalam bentuk yang berbeda, untuk membentuk penilaian dan pengambilan keputusan dalam hal menggunakan sistem pelayanan kesehatan, pencegahan penyakit dan promosi kesehatan, untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Berita Terkait : 30 Perusahaan di Bekasi Jadi Klaster Covid-19

Dari hasil penelitiannya, syamsiah mengatakan bahwa variabel determinan yang berpengaruh dengan literacy kesehatan dalam mencegah obesitas pada anak adalah pendidikan, status kesehatan, dan dukungan sosial. Variabel berikutnya yang berpengaruh dengan perilaku kesehatan ibu dalam mencegah obesitas pada anak adalah literasi kesehatan, perawatan diri dan efikasi diri.

Selain itu, peran media sosial dapat meningkatkan literacy kesehatan, perawatan diri dan efikasi diri. Serta model perilaku kesehatan ibu berdasarkan literasi kesehatan atas risiko obesitas pada anak dimana mampu menerangkan 40% perilaku kesehatan ibu dalam mencegah obesitas pada anak.

Berita Terkait : Lagi, Gus Jazil Raih Gelar Doktor

“Kesimpulan penelitian ini adalah model perilaku kesehatan ibu berdasarkan literasi kesehatan atas risiko obesitas pada anak mampu membentuk perilaku kesehatan ibu dalam mencegah obesitas pada anak,” ujar Syamsiah yang juga Pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Jakarta.

Dalam sidang promosi doktor ini Syamsiah diuji oleh penguji Internal dan eksternal yaitu Ketua Pompons sidang terbuka Prof. Dr. dr. Delmi Sulastri, MS, SpGK., Rektor Universitas Andalas Padang Prof. Dr. Yuliandri, S.H.,M.H., Dekan Universitas Andalas Padang Dr.dr.Rika Susanti,SpF,M (K)., Ketua Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat Prof . Dr. dr. Delmi Sulastri, MS, SpGK., Promotor Prof. dr. Nur Indrawati Lipoeto, M.Sc, Ph.D., SpGK. Co-Promotor Dr. dr. Adnil Edwin Nurdin, SpKJ., Co-Promotor II Dr. Adang Bachtiar, MPH,DSc., Penelaah I Prof. Dr. Mudjiran, M.S., Kons., Penelaah II Prof. Dr. dr. Masrul, M.Sc., SpGK., Penelaah III Dr. dr. Rosfita Rasyid, M.Kes., Penelaah IV Dr. Firdawati, M.Kes. Ph.D., Penguji Tamu Dr. Hera Nurlita, S.SiT, M.Kes., Sekretaris prodi dan Penelaah Akademik Dr. Hardisman, MHID., PH., Penelaah Akademik Dr. dr. Eva Chundrayetti, SpA (K)., Penelaah Akademik Dr. dr. Edison, MPH., Penelaah Akademik dr. Susmiati, M.Biomed., Penelaah Akademik Dr. Masrizal, SKM, M.Biomed. [ARM]