Dark/Light Mode

Webinar Kemkominfo: pemanfaatan internet untuk pemuda sebagai edukasi dan bisnis

Minggu, 27 September 2020 19:14 WIB
Webinar Kemkominfo: pemanfaatan internet untuk pemuda sebagai edukasi dan bisnis

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemkominfo melaksanakan webinar bertemakan Pemanfaatan Internet untuk Pemuda sebagai Edukasi dan Bisnis yang diisi oleh Prof. Henri Subiakto staf ahli Menkominfo , Drs. Hi. Mukhlis Basri Anggota komisi 1 DPR RI fraksi PDIP dan Lesty Putri Utami, SH, M.Kn Anggota DPRD Provinsi Lampung yang mana dalam webinar tersebut Prof. Henry Subiakto menyampaikan internet sangat dekat dengan generasi milenial atau generasi z dengan itu maka pentingnya generasi muda untuk memanfaatkan internet secara baik sosial, ekonomi, politik.

Sehingga menghasilkan masyarakat yang produktif untuk menuju kemajuan revolusi industry 4.0 dengan semangat memberikan kebaikan melalui dunia digital sehingga masyarakat dapat memahami bagaimana cara yang bijak dalam penggunaan internet dan pemanfaatan untuk peluang bisnis melalui internet seperti toko jual beli online.

Baca juga : Kementan Cabut Aturan Yang Cantumkan Ganja Sebagai Komoditas Binaan Pertanian

Pemerintah dalam keseriusannya membangun penggunaan digital yang baik tengah mengupayakan perancangan undang-undang perlindungan data pribadi melalui komisi 1 DPR RI untuk melindungi hal-hal yang bersifat pribadi pada masyarakat agar tidak terjadi cyber crime yang mana dengan pembajakan data pribadi masyarakat sehingga dapat merugikan ekonomi masyarakat.

Untuk membangun edukasi dalam penggunaan dunia digital pemerintah telah menggencarkan program literasi digital guna membangun pengguna internet yang bijak dalam memanfaatkan internet. Masyarakat diharapkan untuk tidak mudah percaya dengan berita hoax yang mudah beredar di sosial media sehingga masyarakat tidak tertipu dan menyebarkan kembali berita tersebut pada khalayak ramai.

Baca juga : Maruarar: Anugerah Jokowi untuk Mega Sangat Tepat dan Objektif

Pemerintah telah bekerja sama dengan sebuah lembaga yang meneliti kebenaran suatu berita pada sosial media untuk menguji kebenaran berita tersebut. Bekerja sama dengan KALIMASADA INFO pemerintah memberikan pelayanan untuk menanyakan berita yang beredar tersebut benar atau hoax untuk merugikan masyarakat, dengan menghubungi 0855-7467-6701 masyarakat dapat mempertanyakan terkait hoax atau tidaknya berita yang beredar tersebut.

Internet pada masa pandemi ini telah meningkatk penggunaannya pada masyarakat sebesar 400% sehingga peluang bisnis sangat meningkat pesat pada masa pandemic melalui sistem online.

Baca juga : Telkomsel Luncurin Paket Data Terjangkau Untuk Perguruan Tinggi

Masyarakat haruslah berkreasi dan berinovatif dalam melakukan sebuah gebrakan pemasaran online karena semakin banyaknya aplikasi jual beli online yang memudahkan masyarakat untuk memasarkan hasil produksinya kepada masyarakat, sehingga menghasilkan masyarakat yang produktif untuk menselaraskan sesuai dengan program pemerintah yaitu revolusi industry 4.0.

Dengan webinar tersebut harapannya peningkatan literas digital menghasilkan masyarakat yang bijak dalam menggunakan dunia digital dan mampu memanfaatkan dunia internet sebagai peluang bisnis untuk masyarakat yang lebih produktif. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.