Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peduli Kanker Payudara, Kalbe Edukasi Masyarakat

Sabtu, 10 Oktober 2020 14:23 WIB
Peduli Kanker Payudara, Kalbe Edukasi Masyarakat

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) menyelenggarakan edukasi kesehatan kedua sebagai dukungan Bulan Peduli Kanker payudara (Breast Cancer Awareness Month) secara daring bertema “Faktor Genetik & Kanker Payudara”. Narasumber pada edukasi ini Dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B-Onk, M.Epid, MARS selaku Ketua Bidang Pelayanan Sosial YKI (10/10). 

Marketing General Manager One Onco PT Kalbe Farma Tbk, dr. Selvinna,  mengatakan, Kalbe secara rutin memberikan edukasi seputar isu kesehatan kepada masyarakat, khususnya bagaimana hubungan faktor genetik dengan risiko kanker payudara.

Baca juga : Presiden Masih Percaya Terawan

“Edukasi ini dilakukan untuk mencegah dan mengenali faktor-faktor risiko kanker payudara yang bisa diubah dan tidak bisa diubah”, jelasnya. 

Sementara Ketua Bidang Pelayanan Sosial YKI, Dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B-Onk, M.Epid, MARS, menuturkan, Mempunyai anggota keluarga yang terkena kanker bukan berarti berisiko terkena kanker namun tetap perlu untuk melakukan pemeriksaan CERDIK yaitu Cek Kesehatan Secara Rutin, Enyahkan Asap Rokok dan Polusi, Rajin Olahraga, Diet Berimbang (rendah lemak, kurangi karbohidrat dan tinggi serat), Istirahat Yang Cukup dan Kelola Stress. 

Baca juga : Warisan Budaya, Ketum Kowani Ajak Masyarakat Cintai Batik

“Ada 2 jenis kanker payudara yaitu kanker payudara familial yang berhubungan dengan riwayat keluarga dan kanker payudara sporadic yang tidak diketahui penyebabnya,” tambah Dr. Sonar.

Kalbe juga berkolaborasi dengan Knitted Knockers Indonesia dan Indonesia Cancer Care Community (ICCC) serta Kitabisa.com pada September lalu meluncurkan Gerakan 1000 knockers yang akan diberikan secara gratis kepada para wanita penyintas kanker payudara di Indonesia yang telah menjalani proses mastektomi (pembedahan payudara). Gerakan yang menjadi bagian dari layanan Kalbe Oncology Total Solution, atau biasa disebut ONE ONCO merupakan bentuk kepedulian kepada para wanita penyintas kanker pasca mastektomi di Indonesia untuk kembali bangkit, kembali tersenyum, kembali percaya diri, dan kembali berkarya,” tambah Selvinna. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.