Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Relawan Satgas Covid-19 Ajak Tokoh Masyarakat Taat Protokol Kesehatan

Selasa, 17 November 2020 15:49 WIB
Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satgas Penanganan Covid-19, Andre Rahadian. (Foto: Satgas Penanganan Covid-19).
Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satgas Penanganan Covid-19, Andre Rahadian. (Foto: Satgas Penanganan Covid-19).

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Satgas Penanganan Covid-19 menyayangkan masih banyaknya masyarakat yang tidak mengindahkan protokol kesehatan. Misalnya masih ada yang berkumpul dan tidak menggunakan masker.

Karena itu, para relawan mengingatkan masyarakat Indonesia, terutama bagi para tokoh untuk menjadi panutan dalam menerapkan protokol kesehatan 3M: memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satgas Penanganan Covid-19, Andre Rahadian mengatakan,  agar Indonesia terlindung dan bebas dari Covid-19, diperlukan kolaborasi total dari seluruh lapisan masyarakat untuk saling bahu membahu dengan saling menegur dan menjaga orang terdekat dalam hal penerapan protokol kesehatan. 

Baca juga : Bamsoet: Vaksinasi Mandiri Covid-19 Harus Terjangkau Masyarakat

Menurut dia, para tokoh masyarakat memegang peran penting dalam mengajak dan menjaga masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari. Para tokoh masyarakat ini adalah ujung tombak, kedisiplinan serta kepatuhan mereka dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi suatu contoh panutan bagi para pengikutnya. “Jangan malah melakukan kegiatan yang bertentangan dengan protokol dan membahayakan masyarakat,” ujarnya.

Menurut dia, masyarakat tidak boleh lengah, virus Covid-19 masih berada di sekeliling kita hingga waktu yang belum dapat ditentukan. Karena itu, dalam menjalankan aktivitas sehari-hari harus tetap menerapkan protokol kesehatan, terutama bagi mereka yang berada di kelompok rentan terdampak.

Kedisiplinan di era pandemi ini adalah sebuah gerakan pre-vaksin yang bisa berjalan dengan sukses jika didukung oleh kolaborasi dan dukungan dari seluruh pihak. Andre mengingatkan, puluhan bahkan ratusan ribu relawan sudah bekerja mengedukasi, mengajak dan mengingatkan masyarakat untuk menerapkan perubahan perilaku sebagai satu-satunya jalan menghindari penularan Covid-19. 

Baca juga : Pemprov DKI Mencla-mencle Jalankan Protokol Kesehatan

“Jangan sampai usaha selama delapan bulan ini, dengan banyak pengorbanan, hilang karena tokoh masyarakat yang abai. Tolong pikirkan nasib masyarakat yang bisa tertular, terutama kelompok rentan,” ujarnya.

Dengan adanya kolaborasi dari tokoh masyarakat untuk memberikan contoh penerapan protokol kesehatan, serta ditambah dengan bantuan dari pemangku kebijakan, para pelaku industri serta seluruh anggota masyarakat dapat membantu Pemerintah dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Tetap semangat, jangan pernah lengah dan lelah dalam menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.