Dark/Light Mode

Internet Sehat Dan Aman Dimasa Pandemi Covid-19

Jumat, 20 November 2020 15:00 WIB
Internet Sehat Dan Aman Dimasa Pandemi Covid-19

 Sebelumnya 
Dari arahan Presiden Joko Widodo memberikan instruksi supaya percepatan transformasi digital, Perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dan penyajian layanan internet, persiapan roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis baik di sektor pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, Perdagangan, industri, maupun penyiaran. Percepat pusat dan nasional, siapkan kebutuhan SDM talenta digital, yang berkaitan dengan regulasi skema pendanaan dan pembiayaan segera disiapkan secepat-cepatnya.

Baca juga : GTH 2020 Bahas Masa Depan Pasca Covid-19

Temen-temen Bakti yang upayakan untuk membangun daerah-daerah, di desa-desa tertinggal, terdepan, terluar, kemudian gimana frekuensinya diatur, teman-teman Bakti di kominfo membangun infrastrukturnya, selain infrastruktur arahan bapak Presiden untuk membangun SDM nya Digital Talent Scholarship, menyediakan beasiswa untuk belajar TIK, sudah tahun ketiga lebih dari 60.000 beasiswa yang dibiayakan oleh pemerintah. Tujuannya membutuhkan SDM karena kekurangan tenaga teknis di bidang SDM yang mengerti TIK. Di dunia cepat sekali percepatan pertumbuhan perkembangan teknologinya, sementara di Indonesia masih berlomba-lomba mencoba untuk mengejarnya sektor pendidikannya.”

Baca juga : Paling Banyak Menolak Diedukasi Prokes Covid-19

Menurut Yusran Isnaini S.H.,M.Hum selaku Pemerhati Sosial Media juga menyampaikan, “internet seakan sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, perkembangan internet sedemikian cepat. Beliau mengutip data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam survey nasional penetrasi pengguna internet 2018 menunjukkan, jumlah total penduduk Indonesia menurut proyeksi Badan Pusat Statistik (BPS) sebesar 264,16 juta jiwa, naik 2 juta jiwa lebih dari tahun 2017. Jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai angka 171,17 juta jiwa, naik hampir 27,9 juta jiwa pengguna, atau sekitar 64,8% penduduk Indonesia telah menggunakan internet, naik 10,12% dari tahun sebelumnya. Beliau menyampaikan juga tentang internet sehat, prinsip dasar di dunia nyata berlaku di dunia maya.

Baca juga : Relawan Akan Terus Solid, Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

Perlu ditanamkan sejak dini mengenai  etika dan kaidah berinternet secara sehat, merupakan upaya bersama, baik individu maupun kelompok agar dapat mengoptimalkan aspek positif dari internet. Untuk menciptakan internet sehat di masa pandemi, kesadaran individu sangat penting untuk ditumbuhkan sejak dini. Peran orang tua sangat krusial, terutama upaya  membatasi penggunaan internet pada anak dan remaja, agar tidak mengalami ketergantungan. Ingat selalu tiga hal sederhana dalam berselancar di internet, pahami regulasi yang ada, tegakan etika ber-media social, cek terlebih dahulu kebenaran informasi yang akan dishare dan berhati-hati bila ingin memposting.”

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.