Dark/Light Mode

Nih, Kiat Sukses Bangun Bisnis Di Tengah Pandemi

Selasa, 17 November 2020 21:38 WIB
Pemilik Usaha Alpukat Avocadron Karlina Kurniawati/Foto: Merry Apriyani
Pemilik Usaha Alpukat Avocadron Karlina Kurniawati/Foto: Merry Apriyani

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 tak menghalangi usaha mikro kecil menengah (UMKM) terus mengembangkan bisnisnya. Kini dengan memanfaatkan platform digital, pasar online dianggap semakin menjanjikan.

Merchant Education Senior Lead Tokopedia Pipit Indrawati mengatakan, pihaknya konsisten mengadopsi platform digital bagi pegiat usaha lokal, khususnya UMKM. Agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola offline dapat tetap beroperasi di tengah pandemi melalui online.

“Siapa pun bisa menciptakan peluang dan menjadi bagian lebih dari 9,4 juta penjual di Tokopedia. Masyarakat bisa membuka toko secara mudah, gratis, di mana dan kapan saja,” jelas dia.

Baca juga : Elektabilitas DS-Sahrul Tertinggi Dari 3 Paslon

Menurut Pipit, ada beberapa cara agar usaha yang mulai dibangun dan dijalankan bertahan. Terpenting, tentukan produk yang akan dijual. “Produk bisa karya sendiri atau dimulai dengan menjadi reseller,” katanya.

Selanjutnya, penjual bisa memanfaatkan marketplace. Dan tak kalah penting adalah branding. Mulai dari penentuan audiens, nama produk atau toko, fokus atau karakter hingga logo dan tagline. 

Kesatuan identitas diperlukan untuk memperkuat daya saing demi mempertahankan kelangsungan bisnis.

Baca juga : Gerbang Indonesia Satukan Pandangan Untuk Bangun Bangsa Di Tengah Kemajemukan

Marketing juga penting. Promosi dari berbagai platform, media sosial. Termasuk memberikan pelayanan terbaik. Selain cepat, kualitas pesan sebaiknya diperhatikan dan bersifat proaktif.

Soal pemanfaatan platform digital dipilih pemilik usaha alpukat Avocadron, Karlina Kurniawati. Dia mulai menjual alpukat mentega sejak Februari 2017 lewat media sosial.

Usahanya mulai berjualan di marketplace, Tokopedia. “Pemasaran dan promosi lebih mudah lewat media sosial atau platform digital,” kata Karlina.

Baca juga : Sandiaga Uno Bagikan Tips Usaha Kopi Di Tengah Pandemi

Avocadron menyediakan beberapa jenis ukuran alpukat mentega, mulai dari yang mini, reguler, jumbo dan super.

Hingga saat ini, lebih dari 80 ribu transaksi Avocadron melalui Tokopedia. Karlina pun mengembangkan bisnisnya dengan mulai berjualan produk selain alpukat, seperti mangga dan madu. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.