Dark/Light Mode

Gerakan Ekonomi di Masa Pandemi Melalui Harbolnas 12.12

Jumat, 4 Desember 2020 06:47 WIB
Gerakan Ekonomi di Masa Pandemi Melalui Harbolnas 12.12

RM.id  Rakyat Merdeka - Desember memang identik dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Sejak 2019, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dipercaya mengkoordinir Harbolnas 12.12. Berbeda dengan festival belanja angka kembar di bulan-bulan lainnya, Harbolnas 12.12 bisa diikuti semua UMKM yang sudah memiliki website sendiri. 

Ketua Umum idEA, Bima Laga melihat penting untuk bisa bekerja sama dengan banyak pihak untuk bisa segera memulihkan kondisi ekonomi bangsa ini. Bank Mandiri dan Kementerian Parekraf menjadi perwakilan sektor perbankan dan pemerintah yang memang menaruh perhatian besar pada perbaikan kondisi UMKM Indonesia pasca-pandemi. 

“Kami berusaha melihat dari sudut pandang pedagang dan konsumen. Apa saja yang mereka butuhkan dalam kondisi saat ini? Itulah yang coba kami hadirkan dalam gelaran Harbolnas 2020 ini,” ujar Bima.

Baca juga : Azis Syamsuddin: Kinerja DPR Di Masa Pandemi Terbantu E-Parlemen

Kehadiran Bank Mandiri pada festival belanja online tahunan ini tentu bukan sekadar nama saja. Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, Bank Mandiri memberi dukungan yang tidak main-main. Dukungan promo yang diberikan akan sangat membantu banyak pihak. 

VP Retail Deposit Product & Solution Bank Mandiri, PipIt Puspita menegaskan komitmen bank pelat merah ini untuk terus andil membangun negeri. “Kami memberi dukungan promo sebesar Rp75.000 per transaksi yang terjadi selama Harbolnas 2020,” kata Pipit. 

Dan untuk memfasilitasi semua kalangan masyarakat sebagai konsumen, untuk bisa mendapatkan dukungan promo tersebut, konsumen bisa menggunakan kartu kredit dan debit Mandiri saat pembayarannya, Jadi tidak perlu bingung jika belum memiliki kartu kredit Bank Mandiri, karena debitnya pun bisa, tambah Pipit.

Baca juga : Geliat Petani Milenial Bogor Di Masa Pandemi Covid-19

Sementara itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mewujudkan kepeduliannya terhadap produk buatan Indonesia dalam program-program kebijakannya salah satunya melalui pemberian potongan harga untuk produk kreatif lokal. “Kami memberi dukungan dalam bentuk kupon potongan harga khusus untuk pembelian produk lokal untuk kategori subsektor kuliner, kriya dan fashion di marketplace,” kata Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Yuana Rochma Astuti. 

“Konsumen yang ingin membeli produk-produk lokal tentu akan sangat terbantu dengan ragam dukungan promo di Harbolnas kali ini dan tentu saja kami berharap omset pelaku ekonomi kreatif yang berjualan di platform digital juga akan mengalami peningkatan.” tuturnya

Harbolnas 2020 akan dibagi menjadi dua hari penyelenggaraan. Pada 11 Desember, konsumen bisa berbelanja khusus produk lokal saja. Yuk bangga buatan Indonesia! Sementara puncak perayaannya adalah pada 12 Desember 2020. Pada hari kedua ini, konsumen bisa membeli aneka produk baik lokal, maupun umum. Konsumen bisa mengecek merek-merek apa saja yang menebar promo selama gelaran harbolnas 2020 di www.harbolnas.idea.or.id. Klik banner-nya, Anda akan langsung diarahkan ke laman promosi merek tersebut. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.