Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Azis Syamsuddin: Kinerja DPR Di Masa Pandemi Terbantu E-Parlemen

Rabu, 2 Desember 2020 10:28 WIB
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mengatakan pentingnya E-Parlemen dalam mendukung kinerja Dewan. Menurut Azis, E-Parlemen membuat DPR menjadi modern, kinerjanya lebih akuntabel. 

“E-Parlemen memang untuk meningkatkan akuntabilitas DPR, untuk efektivitas dan efisiensi kinerja parlemen Indonesia yang modern,” kata Azis, kepada Rabu (2/12).

Baca juga : Geliat Petani Milenial Bogor Di Masa Pandemi Covid-19

Politisi Partai Golkar itu melanjutkan, penerapan E-Parlemen juga menunjang produktivitas DPR pada masa pandemi Covid-19. Berbagai agenda rapat dan sidang-sidang di DPR kini dilakukan dengan sejumlah penyesuaian dan lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi yang disiarkan langsung di laman resmi DPR.

Secara bertahap, kata Azis, DPR akan menerapkan digitalisasi semua materi rapat dan persidangan. Hal ini akan memberi manfaat pada kecepatan dan keterbukaan informasi yang diakses anggota DPR, pemerintah dan mitra kerja, serta masyarakat.

Baca juga : Aplikasi Gawe.id Mudahkan Pencari Kerja Di Tengah Pandemi

“Arahnya ke digitalisasi. Ada penghematan dan mengurangi penggunaan kertas, lebih ramah lingkungan, dan lebih mendekatkan masyarakat dengan wakil-wakilnya. Dengan E-Parlemen, semua bisa akses informasi tentang apa yang dibahas dan dikerjakan DPR, dan bisa langsung memberikan masukan. Jadi, semuanya bisa lebih akuntabel, bisa dipertanggungjawabkan,” lanjut wakil rakyat dari daerah pemilihan Lampung II tersebut.

Azis menambahkan, E-Parlemen juga berperan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan teknologi untuk peningkatan kinerja dan produktivitas. “E-Parlemen ini sekaligus mengedukasi kita semua untuk tidak kaku kepada teknologi yang merupakan tuntutan zaman,” ucapnya. [USU

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.