Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Sejak Dini

Kamis, 18 Februari 2021 19:07 WIB
Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Sejak Dini

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakuktas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) melakukan salah satu tridharma perguruan tinggi berupa Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yaitu acara penyuluhan dan pelatihan secara virtual bersama orangtua murid TK Al Hidayah 2 Kelapa Gading, staf pengajar, pemilik TK kecamatan Kelapa Gading, dan pengelola PAUD kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara (18/2). 

Ketua tim PkM Dr. drg. Johan Arief Sp Ort, mengatakan, kejadian Kerusakan gigi pada anak-anak  sering ditemukan, selama ini program UKGS hanya menjangkau anak SD oleh Karena itu kami mencoba menjajaki orangtua Taman Kanak-kanak (TK).

Berita Terkait : Chelsea Vs Southampton, Menjaga Keangkeran The Saints

"Dengan penyuluhan atau pelatihan oleh tim PkM dari tim FKG Usakti berbagi pengetahuan terkait pertumbuhan gigi anak, cara membersihkan dan merawat gigi sehingga anak bisa tumbuh kembang secara baik dan sehat, sehingga orangtua TK dapat membantu mendeteksi kelainan maloklusi yang terjadi pada anak" jelasnya 

Tidak hanya diberikan penyuluhan dan pelatihan, lanjut drg Johan, tim FKG Usakti memberikan bingkisan berupa peralatan kesehatan gigi dan vitamin C kepada orangtua murid TK Al Hidayah 2 Kelapa Gading, dan pengelola PAUD Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, kemarin (17/2).

Berita Terkait : Potensi Lautnya Melimpah, KKP Dongkrak Ekonomi Biak

Dengan tema "Pelatihan Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dalam Rangka Pencegahan Kelainan Maloklusi di Masa Pandemi Covid-19 pada TK Alhidayah 2, Kelapa Gading" peserta yang mengikuti daring begitu antusias hal ini terlihat dari berbagai pertanyaan yang diajukan kepada tim FKG Usakti.

Dengan adanya kegiatan ini, drg. Johan berharap orangtua memiliki pengetahuan sehingga bisa membantu mengenali keadaan gigi dan mulut pada anaknya serta ikut membantu membersihkan, merawat dan menjaga kebersihan gigi mulut anaknya meskipun dimasa pandemi, pungkasnya. 

Berita Terkait : Menjaga Kreativitas Kota Di Masa Wabah

Tim PkM FKG Usakti kali ini, terdiri dari Dr. drg. Johan Arief Sp Ort, Prof. drg. Janti Sudiono, MS.MDSC, Dr. drg. Meiny Faudah Amin, Sp.KG(K) dibantu Alumni  drg. Sariyani Pancasari Audry Arifin, Mahasiswa Profesi Siti Haerunnisah, SKG, Syarifa Saraswati, SKG Zafira Rasya dan Tenaga Penunjang  Arda Candra Mahendra, SKM. [ARM]