Dark/Light Mode

Kenali dan Atasi Self-Harm Pada Anak Remaja

Senin, 15 Maret 2021 17:53 WIB
Kenali dan Atasi Self-Harm Pada Anak Remaja

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta melaksanakan salah satu tri darma perguruan tinggi berupa Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) dengan judul "Penanganan Self-harm Pada Siswa SMA" secara daring bekerjasama dengan guru di Suku Dinas Pendidikan wilayah I Jakarta Barat pada (12/3) lalu.

Dosen Psikologi UMB Nurul Adiningtyas, M.Psi Psikolog, dalam keterangannya mengatakan, pandemi Covid-19 membuat Self Harm pada remaja terutama siswa SMA perlu penanganan serius apapun alasan dibaliknya.

Baca juga : CNI Kenalkan Solusi Bisnis Baru Dimasa Pandemi

"Self Harm terjadi pada usia 11-25 tahun dan ini biasanya dimulai sebagai cara untuk meredakan tekanan yang menumpuk dari pikiran dan perasaan yang membuat stres dengan cara menyakiti diri, dan sebagainya hanya untuk melampiaskan tekanan sementara" jelasnya.

Menurut Nurul, Penyebab Self Harm mulai dari permasalahan di dalam keluarga, teman sebaya atau lingkungan, dan itu bisa dideteksi dengan cara perubahan gaya berpakaian, penuruan prestasi disekolah dan menyakiti atau mengindahkan keselamatan diri.

Baca juga : Staf Ahli dan Ajudan Mensos Akan Bersaksi Dalam Sidang Lanjutan Bansos

"Untuk mengatasi Self Harm selain mengerjakan rutinitas kegiatan, perlu menenangkan diri seperti mendengarkan musik, menggambar, merawat hewan, tumbuhan dan sebagainya tapi kalau kodisi parah maka perlu melakukan konseling dan komunikasi dengan orang tua jika memungkinkan" ungkap Nurul Adiningtyas.

Dengan adanya PPM dengan guru SMA di DKI Jakarta ini, diharapkan para guru SMA dapat mengatasi kesehatan mental dimasa pandemi covid-19 ini, sehingga dapat menggali potensi diri dan prestasinya meningkat, harap Nurul. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.