Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kickrate.com Siap Kembangkan UMKM

Jumat, 7 Mei 2021 14:03 WIB
CEO Kickrate Muhammad Yulianto
CEO Kickrate Muhammad Yulianto

RM.id  Rakyat Merdeka - Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis pada Februari 2021, neraca perdagangan Indonesia pada Januari 2021 mengalami surplus 1,96 miliar dolar AS.

Adapun total ekspor Indonesia selama bulan lalu sebesar 15,30 miliar dolar AS dan total impor sebesar 13,34 miliar dolar AS. Data yang disajikan tersebut menunjukan betapa besarnya potensi ekspor/impor di Indonesia.

Sayangnya, UMKM belum banyak tersentuh oleh pertumbuhan ini. UMKM seringkali masih terjebak pada praktek birokrasi yang berbelit, terutama di bagian proses logistik dan bea cukai (Customs Clearance).

Proses yang konvensional bahkan membuat pengurusan legalitas yang harusnya mudah menjadi lama dan berbelit-belit. Belum lagi proses supply chain yang masih belum terpantau dan dikelola dengan baik.

Baca juga : Shakira, Soroti Pelanggaran HAM Di Kolombia

Pada 19 April 2021, Kickrate.com diluncurkan sebagai startup yang bergerak pada bidang ekspor/impor di Indonesia. Kickrate.com menyediakan jasa logistik ekspor/impor.

Khususnya, bagi perusahaan internasional yang ingin memperbesar pasarnya ke Indonesia, atau yang biasa disebut Importer of Record (IoR).

Kickrate juga dapat membantu UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan pasarnya ke kancah Internasional dengan program ekspornya atau yang juga disebut sebagai Exporter of Record (EoR).

Kickrate mendapatkan pendanaan seed investment dari investor yang berada dibawah naungan PT Singa Biru Investama sebesar Rp 2 miliar, yang diharapkan mampu menyerap pasar ekspor/impor untuk dapat memperlancar perekonomian Indonesia di kancah internasional.

Baca juga : Finlandia Tingkatkan Kerja Sama Dengan UMKM Aceh

Visi Kickrate sejalan dengan apa yang dipaparkan oleh Direktur PT Singa Biru Investama, Marlisa Lahi. "Menurunkan hambatan masuk di setiap pasar berkembang” ujar Marlissa, Jumat (7/5).

CEO Kickrate, Muhammad Yulianto menambahkan, untuk tahap pertama, Kickrate akan memfokuskan pasar pada region Southeast Asia atau Asia Tenggara. Setelah itu, nantinya akan mengembangkan bisnis ke pasar Asia dan Eropa.

Kickrate bukan sekadar memindahkan atau mengganti proses administrasi semata, tapi juga membantu mengembangkan ekonomi Indonesia. Untuk saat ini platform yang dimanfaatkan adalah platform website yang bisa di akses di www.kickrate.com disana tax calculator dan juga simulasi HS code.

Kickrate berharap, dengan adanya platform ini pengerjaan kepabean dan perpajakan yang biasanya membutuhkan waktu dan usaha besar dapat menjadi sebuah proses yang lebih mudah.

Baca juga : Menkop Ungkap 3 Kunci Keberhasilan UMKM Sawit

Untuk Informasi lebih lanjut bisa menghubungi kontak email di [email protected] atau bisa langsung berkunjung ke alamat Kicrate di Gedung Brooklyn, Tower A Lantai 10 unit i Alam Sutera, Tangerang Selatan Banten 15320. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.