Dark/Light Mode

Toshiba QKD Tawarkan Sistem Keamanan Menyeluruh Secara Aman dan Anti Sadap

Sabtu, 29 Mei 2021 12:03 WIB
Toshiba QKD Tawarkan Sistem Keamanan Menyeluruh Secara Aman dan Anti Sadap

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemajuan teknologi digital membuat kejahatan di dunia digital meningkat, seperti pencurian data pribadi dan menyebarluaskannya untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab. Faktor keamanan dari sistem enkripsi seperti enkripsi kunci publik RSA (public key encryption/PKE), yang kehadirannya sangat penting untuk web, e-commerce, dan transfer serta penyimpanan data bisnis dan pribadi, sering kali diabaikan

Melalui keterangan tertulisnya pada rm.id,  distribusi kunci kuantum / Quantum Key Distribution (QKD), yang telah dipelopori Toshiba selama hampir 30 tahun, Toshiba QKD menawarkan jalan keluar sistem keamanan data secara menyeluruh, diklaim tidak hanya aman dari serangan penyadapan saat ini, tetapi juga semua serangan yang akan datang.

Baca juga : Erick Berharap IFG Tiru Jejak Ping An Insurance

Toshiba telah mengembangkan QKD multiplexing, yang mampu memberikan jalan keluar dari beberapa persoalan koneksi. QKD Toshiba mampu mengkompensasi gangguan dan kehilangan sinyal, terutama di saat keluaran data dan tingkat signal-to-noise meningkat.

Sistem QKD konvensional sendiri memiliki kekurangan, karena memerlukan saluran fiber terpisah untuk distribusi dan data utama, sehingga membuatnya lebih mahal untuk diterapkan menggunakan serat gelap (dark fibre). Pada tahun 2004, Toshiba melakukan demonstrasi QKD pertama di dunia melalui koneksi fiber sepanjang 100 kilometer, diikuti pada tahun 2008, dengan rekor kecepatan kunci dunia 1Mb/s pada 20 kilometer.

Baca juga : Ganjar: Hari Ini Buruh Jadi Raja dan Ratu

Saat ini, QKD Toshiba telah mencapai rekor kecepatan kunci 13,7Mb/dtk selama 10 kilometer. Pada tahun 2019, Toshiba bergabung dengan proyek OpenQKD yang didanai Uni Eropa sebagai mitra teknologi untuk membuat tempat pengujian QKD yang menghubungkan kota-kota termasuk Wina, Berlin, Madrid, Poznan, Cambridge, dan Graz.

QKD bekerja dengan cara mendistribusikan kunci enkripsi secara aman antara dua pihak yang berkomunikasi, sehingga setiap percobaan penyadapan akan menghasilkan penyimpangan. Hal ini memungkinkan adanya kontrol awal dari upaya penyadapan yang dilakukan pihak-pihak tak bertanggung jawab. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.