Dark/Light Mode

Hal yang Harus Dihindari Saat Bikin Konten Bagi YouTuber Pemula

Kamis, 3 Juni 2021 04:06 WIB
Hal yang Harus Dihindari Saat Bikin Konten Bagi YouTuber Pemula

RM.id  Rakyat Merdeka - Profesi YouTuber semakin menjadi aspirasi banyak orang saat ini, khususnya generasi muda. Untuk mewadahinya Samsung Electronics Indonesia meluncurkan program Be A Galaxy Creator sebagai bagian dari kampanye Tetap Semangat Indonesia yang bertujuan untuk membimbing para peserta terpilih dalam menapaki langkah awal mereka menjadi seorang content creator profesional, khususnya sebagai tech reviewer. Melalui coaching session selama April - Mei 2021, para peserta terpilih dibimbing langsung oleh YouTuber dan Tech Reviewer profesional, Edho Zell dan Dedy Irvan, serta didukung oleh perangkat yang mumpuni namun tetap terjangkau untuk mengkreasikan konten, yaitu Samsung Galaxy A12|A02s.

Manager, Samsung Electronics Indonesia, Irfan Rinaldi dalam keterangannya mengatakan, Fokus dari coaching session Be A Galaxy Creator bukan hanya soal mengekspresikan passion maupun mengasah kemampuan teknis semata. Dengan segudang pengalamannya dalam industri konten, Edho Zell dan Dedy Irvan juga membagikan pemahaman tentang profesi YouTuber profesional agar Galaxy Creator yang terpilih tidak terjebak pada kesalahan-kesalahan yang umum terjadi pada YouTuber pemula. 

"Pemahaman akan seluk beluk profesi, ditambah dengan fitur-fitur pada Samsung Galaxy A12|A02s yang mumpuni diharapkan dapat membantu siapa pun yang punya passion di bidang kreasi konten untuk membuat konten video yang maksimal layaknya content creator profesional,” ujar Irfan Rinaldi.

Baca juga : Penanganan Kasus Jiwasraya Bisa Jadi Ancaman Bagi Pasar Modal Indonesia

Menurutnya, Saat mencoba hal baru, umumnya banyak yang belum kita pahami sehingga seringkali kita menjumpai kesalahan-kesalahan. Menjadi seorang YouTuber profesional pun demikian, berbagai kesalahan dan kesulitan pasti harus dilalui dalam prosesnya. Simak ulasan para coach dan Galaxy Creator yang terpilih tentang kesalahan apa saja yang biasanya dilakukan oleh para YouTuber pemula agar dapat kamu hindari.

1.    Ingin sesuatu yang instan
Berkreasi apa pun, dibutuhkan ketekunan dan kesabaran agar hasilnya maksimal. 

2.    Tidak memikirkan target audiens
Tentunya kamu harus menentukan target audiens dari kontenmu. 

Baca juga : Airlangga Hartarto dan Proyeksi Partai Golkar Menangkan Pemilu 2024

3.    Tidak membuat content planning
Jika gagal dalam membuat perencanaan, maka kita sama saja dengan merencanakan kegagalan. 

4.    Tidak kenal algoritma YouTube
Algoritma YouTube mengatur bagaimana sebuah video bisa muncul di halaman awal, halaman rekomendasi, atau hasil pencarian pengunjung. 

5.    Terlalu fokus pada visual konten yang dibuat
Bagaimana agar kontenmu nyaman dilihat penonton memang penting, namun hal-hal lain seperti kualitas audio dan intensitas mengunggah konten juga tidak boleh dianggap remeh. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.