Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

72 Tahun Universitas Nasional 'Berbakti untuk Negeri'

Rabu, 20 Oktober 2021 09:26 WIB
72 Tahun Universitas Nasional ’Berbakti untuk Negeri’

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka Dies Natalis ke-72, Universitas Nasional (Unas) telah menggelar 33 kegiatan akademis dan intelektual mulai bulan September sampai November 2021, Puncak kegiatan diisi orasi ilmiah oleh akademisi, yang juga politisi, Dr. H. Fadli Zon, S.S., M.Sc., dengan topik Revitalisasi Gagasan Sutan Takdir Alisyahbana dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan. Orasi ilmiah Fadli Zon digelar secara daring dan luring di Auditorium Cyber Universitas Nasional, Selasa (19/10/2021).

Ditegaskan oleh Fadli Zon, tidak diragukan lagi, bahwa Sutan Takdir Alisyahbana adalah momentum besar dalam dunia kebudayaan karena kiprah dan pemikirannya yang luas. Namun demikian, ada satu kiprah Sutan Takdir Alisyahbana yang hanya sedikit sekali dibahas, yaitu pendidikan. Tepat pada 15 Oktober 2021 kemarin, Universitas Nasional memasuki usia ke-72 tahun.

Baca juga : Setjen DPD Canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

Pada Dies Natalis ke-72 ini, Unas mengangkat tema “Berbakti untuk Negeri”. Menurut ketua panitia Dies Natalis, Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si., terdapat 33 rangkaian kegiatan yang diselenggarakan sejak bulan September 2021 dan akan berlanjut hingga November 2021. Kegiatan tersebut meliputi pelaksanaan kegiatan 1st International Conference on Natural Science, Engineering, and Technology 2021, Virtual Conference Global Challenge on Science and Technology for the New Normal, Virtual Conference The 2021 Annual Symposium on Management, Accounting, and Tourism, serta Webinar Nasional dan Call Paper Implementasi Terapi Komplementer dalam Pelayanan Kesehatan.

Rektor Universitas Nasional, Dr. El Amry Bermawi Putera M.A., dalam pidato acara puncak Dies Natalis Universitas Nasional ke 72 menyampaikan bahwa seiring berjalannya waktu, Universitas Nasional telah tumbuh berkembang menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Pengembangan dan pembangunan terus dilakukan, baik dari aspek sumber daya manusia maupun pembangunan sarana prasarana. Dengan fasilitas sarana prasarana teknologi yang memadai, Universitas Nasional akan mampu beradaptasi dengan kondisi dan perubahan di masyarakat, khususnya di masa pandemi Covid-19.

Baca juga : Bank Dunia Ngarep Donasi China Untuk Negara Miskin

“Universitas Nasional telah menyelesaikan pembangunan Auditorium Cyber Universitas Nasional yang telah diresmikan pada tanggal 1 Februari 2021 dengan standar internasional. Di samping pembangunan fisik, Universitas Nasional juga telah melakukan langkah inovatif dengan reformasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Pengembangan sistem informasi berbasis information and communication technologies (ICT).”, ungkap Rektor Unas.

Di samping itu, Universitas Nasional menyiapkan sarana dan prasarana penelitian termasuk mendirikan pusat-pusat penelitian yang dalam jangka panjang diarahkan untuk menjadi pusat unggulan bagi bidang penelitian tertentu. Program-program kerja sama turut diarahkan untuk membangun kemitraan yang dilandasi kesetaraan, adanya nilai tambah, berkelanjutan, dan berkeragaman.  

Baca juga : KBRI Canberra Bersama Universitas Nasional Gelar Australia Update ke Tiga

Kerjasama dalam dan luar negeri yang dilakukan oleh Universitas Nasional juga menunjukkan grafik peningkatan dari tahun ke tahun. Selain itu, Universitas Nasional masih diberikan kepercayaan masyarakat, di mana pada tahun akademik 2021/2022 penerimaan mahasiswa baru mengalami kenaikan 10% dibandingkan tahun sebelumnya.

“Universitas Nasional akan terus mengembangkan program-program strategis dalam rangka menuju peringkat sepuluh besar universitas swasta terbaik di Indonesia. Untuk itu Universitas Nasional telah mencanangkan program-program stategis pada tahun 2022,” tambah El Amry. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.