Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Universitas Esa Unggul Gandeng Australia Gelar Kompetisi Bisnis Internasional

Senin, 25 Oktober 2021 15:17 WIB
Universitas Esa Unggul Gandeng Australia Gelar Kompetisi Bisnis Internasional

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Esa Unggul bekerja sama dengan Academy of Entrepreneurs Australia usai menyelenggarakan Idea to Business International Competition 2021, pelatihan dan kompetisi bisnis internasional. Kegiatan ini berlangsung secara daring sejak 30 Agustus 2021, yang diikuti oleh mahasiswa dari 12 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Vietnam, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Belanda, Prancis, India, Mexico, Costa Rica, dan Ekuador. Sejumlah 16 universitas di Indonesia yang berpartisipasi dalam program ini.

Wakil Ketua MPR RI, Dr. H. Jazilul Fawaid, S.Q., M.A. turut mendukung kegiatan ini dan berharap kegiatan ini terus berlanjut pada tahun berikutnya, serta menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi di Indonesia untuk menjalin kerja sama dalam pendidikan dan kewirausahaan di seluruh negara.

Baca juga : Anto Jangkar & Ressa Herlambang Gandeng Puspom TNI Gelar Bakti Sosial

“Ide-ide bisnis serta pelatihan kelas dunia selama 5 minggu seperti ini adalah terobosan yang perlu dilestarikan. Menjadi tugas negara dan perguruan tinggi untuk menjadi jembatan, supaya membawa ide-ide bisnis ini ke kelas dunia,” ucap Jazilul Fawaid pada Media Dialogue Idea to Business International Competition 2021 di Universitas Esa Unggul Jakarta (25/10).

Menurutnya, hal yang perlu dibenahi di Indonesia adalah ekosistem bisnis dan semangat untuk maju, untuk itu perlu sinergi mulai dari pelaku bisnis, dunia pendidikan, pemerintah dan masyarakat.

Baca juga : Bersamaan Dies Natalies Ke-28, Universitas Esa Unggul Gelar Wisuda Hybrid

Sementara itu Rektor Universitas Esa Unggul Dr.Ir. Arief Kusuma Among Praja, MBA, IPU dalam sambutannya secara virtual mengatakan, Program Idea to Business (I2B) adalah program pengembangan kapasitas yang dilengkapi dengan arena latihan untuk menyampaikan ide bisnis (pitching) kepada investor sebelum terjun ke dunia nyata.

"Dalam kompetisi ini, peserta terlibat dalam rangkaian pembelajaran kewirausahaan dan bergabung dalam kelompok untuk mengembangkan ide bisnis, dari kompetisi ini diharapkan dapat melahirkan enterpreneur muda Indonesia yang bersaing di kancah dunia" tutur Arief .

Baca juga : KBRI Canberra Bersama Universitas Nasional Gelar Australia Update ke Tiga

Pelatihan dan Kompetisi diadakan secara daring pada tanggal 30 Agustus – 12 Oktober 2021 (lima minggu). Empat minggu untuk kursus bersertifikat dan satu minggu untuk pitching. Idea to Business International Competition 2021 mengundang praktisi dan pakar bisnis serta tokoh-tokoh terkemuka dalam pendidikan kewirausahaan sebagai juri seperti: - Paula Mills (Founder & CEO Academy), - Prita K Gani, MBA, MCIPR, APR (President ASEAN PR Network) - Marcelino Aviles (Former Panama Ambassador to Australia, Author and Entrepreneur) - George Pramadono (Business Strategist and Starups Advisor).

Untuk pemenangnya sendiri, selain mendapatkan sertifikat, beasiswa, dan uang hingga Rp25.000.000 atau USD1.675 untuk satu grup yang terbaik serta dapat membangun jaringan internasional. Dari 12 negara yang ikut serta dan 16 kampus dari Indonesia, Universitas Esa Unggul menjuari beberapa kategori, salah satunya Best Potencial Impacts on Social Issue, Best Collaboration Team, Best Business Model dan sebagainya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.