Dark/Light Mode

Universitas Pancasila Memiliki Program Green Campus Sejalan dengan SDG's

Selasa, 26 Oktober 2021 20:17 WIB
Universitas Pancasila Memiliki Program Green Campus Sejalan dengan SDG’s

RM.id  Rakyat Merdeka - Bertepatan dengan HUT Universitas Pancasila ke-55 serta turut serta mensukseskan UI GreenMetric, Word University Rankings, dengan menyeleggarakan Webinar Internasional tentang Green Campus dan Sustainable Development Goals (SDGs) yang bertemakan “Technology Innovation & Implementation for Green Campus based on Sustainable Development Goals (SDGs)”, yang diadakan secara daring (online) pada (21/10) lalu.

Rektor Universitas Pancasila dalam sambutannya, Prof Dr., Edi Toet mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya dan apresiasi yang setinggi-tingginya ditujukan kepada 4 (empat) pembicara utama dan 12 (dua belas) pembicara yang diundang dan berasal dari 5 negara selain Indonesia, yaitu: Jerman, Belanda, Korea, Singapura dan Malaysia.

Baca juga : Pemuda Pancasila Jempolin Menpora Gercep Bentuk Tim Selesaikan Sanksi WADA

Ia menyampaikan bahwa pemanasan global bukan hanya sekedar masalah, namun memiliki dampak yang tidak menguntungkan pada ekosistem dunia. Maka pemerintah mengambil kebijakan dengan mengajak civitas akademika untuk berperan aktif dalam mengurangi dampak pemanasan global.

"Dengan memadukan hasil riset, inovasi, dan industri 4.0. Universitas Pancasila berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas kajian sesuai rencana strategis dan visi dan misi Universitas Pancasila. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan pengetahuan dan implementasi penelitian untuk mewujudkan program Green Campus dan SDGs tahun 2030 dengan baik", ujar Edi Toet.

Baca juga : Gandeng Universitas Brawijaya, Bank Sinarmas UUS Wujudkan Program Kampus Merdeka

Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina UP Siswono Yudo Husodo menyampaikan UP merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerapkan konsep Green Campus. Mengacu pada Universitas Indonesia Green Metric (UI GreenMetric) yang merupakan salah satu pemeringkatan internasional, UP menjadi bagian dari 88 perguruan tinggi di Indonesia dan 912 perguruan tinggi di dunia. UP menduduki peringkat ke 22 Nasional dan 289 Internasional pada pemeringkatan UI GreenMetric tahun 2020.

"UP memiliki program green campus yang sejalan dengan SDG's Goals. Antara lain kampus kami mengimplementasikan efisiensi energi yang rendah emisi, melakukan konservasi sumber daya, dan meningkatkan kualitas lingkungan, dengan cara mendidik warganya untuk menjalankan pola hidup sehat, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif secara bekelanjutan" ujarnya.

Baca juga : Program Gerebek Lumpur Jangan Hanya Seremonial

Siswono berharap, pada webinar internasional bisa dimanfaatkan untuk saling berbagi pengalaman, ide, dan pengetahuan, antar kampus dan institusi lainnya. Pembicara utama dalam webinar ini, yakni Menteri Bappenas, Dr. (H.C.) Ir. H. Suharso Monoarfa yang dalam hal ini diwakili oleh staf ahlinya Dr. Vivi Yulaswati, M.Sc; Prof. Emil Salim (Menteri Negara KLH periode 1983-1993); Kepala LLDikti Wilayah III, Prof. Agus Setyo Budi; dan Chairperson of UI GreenMetric, Prof. Riri Fitri Sari.

Prof. Emil Salim menambahkan untuk meningkatkan daya saing Indonesia di antara negara-negara maju dan seiring dengan implementasi SDG's, kalangan akademisi di Indonesia memiliki peran edukasi, menciptakan inovasi dan meningkatkan produktivitas. Beliau berharap, khususnya kepada Universitas Pancasila dapat berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia Maju. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.