Dark/Light Mode

Peringati Sumpah Pemuda, Ancol Bersama EcoNusa Ajak Anak Muda Jaga Iklim

Kamis, 28 Oktober 2021 21:20 WIB
Peringati Sumpah Pemuda, Ancol Bersama EcoNusa Ajak Anak Muda Jaga Iklim

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Taman Impian Jaya Ancol berkolaborasi dengan Econusa menggelar aksi menjaga bumi dari laju perubahan iklim di area Pantai Ancol (28/10). Kegiatan bertajuk #AksiMudaJagaIklim ini dilaksanakan secara serentak di 76 titik di Indonesia dan Pantai Ancol merupakan titik utama wilayah Jakarta.

Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Budi Aryanto dalam keterangannya mengatakan dengan mengangkat tema “Jang Moeda Jang Beraksi Jaga Iklim” kegiatan ini menyerukan 6 pesan jaga iklim, Aksi yang dilakukan di kawasan Taman Impian Jaya Ancol adalah Restorasi Kerang HIjau dengan menanam 1.000 kg bibit kerang hijau di perairan Ancol. Selain itu aksi yang juga dilakukan di Ancol adalah menanam 100 pohon khas Jakarta di area ruang terbuka hijau Allianz Ecopark.

Baca juga : Hari Sumpah Pemuda, Dubes Sudjatmiko Ajak Generasi Muda Bersatu Hadapi Tantangan

Beberapa jenis pohon yang ditanam antara lain Buni, Jamblang, Jambu Bol, Menteng dan Kecapi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menambah populasi hutan kota di Jakarta, mengurangi polusi dan meningkatkan kualitas udara, mengembalikan biodiversitas, menumbuhkan ekosistem lokal serta meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya hutan kota. Sejalan dengan pesan Jaga Iklim Hijaukan Bumi.

“Ancol menyambut baik kegiatan ini dan senang dapat menjadi bagian dari kegiatan Aksi Muda Jaga Iklim, karena tidak hanya sebagai tempat wisata, Ancol juga merupakan bagian dari ruang terbuka hijau di Jakarta yang senantiasa memberikan edukasi kepada pengunjung khususnya di bidang lingkungan” ungkap Budi Aryanto.

Baca juga : HKTI Ngarep Dijadikan Rumah Bagi Petani

Bustar Maitar, CEO Yayasan EcoNusa menyatakan bahwa peringatan Sumpah Pemuda menjadi momen penting bagi seluruh kaum muda di Indonesia untuk bergerak bersama demi mempertahankan kelestarian laut dan hutan yang tersisa khususnya di timur Indonesia.

”Dengan kolaborasi #AksiMudaJagaIklim ini, Yayasan EcoNusa berharap semakin banyak anak muda yang berani beraksi dan bersuara untuk menyadarkan mengenai krisis iklim yang kita hadapi,” ujarnya.

Baca juga : Lestari Ajak Milenial Usung Semangat Restorasi

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Taman Impian Jaya Ancol, Yayasan Econusa melalui program Penjaga Laut dan Defending Paradise, dengan didukung sejumlah instansi Pemerintahan serta komunitas. Mari bersama jaga bumi dari laju perubahan iklim!. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.