Dark/Light Mode

Hari Sumpah Pemuda, Dubes Sudjatmiko Ajak Generasi Muda Bersatu Hadapi Tantangan

Kamis, 28 Oktober 2021 21:20 WIB
Dubes Indonesia untuk Brunei Darussalam Sudjatmiko. (Foto: Istimewa)
Dubes Indonesia untuk Brunei Darussalam Sudjatmiko. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di Hari Sumpah Pemuda, yang diperingati setiap 28 Oktober, generasi muda diajak untuk kembali mengingat perjuangan para pahlawan. Yang rela berkorban demi mempersatukan Bangsa Indonesia. Dan tidak mendahulukan kepentingan pribadi.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Brunei Darussalam Sudjatmiko mengatakan, generasi muda Indonesia saat ini harus bisa mengatasi tantangan-tantangan yang ada di depan mata. Menurutnya, untuk mengatasi tantangan-tantangan itu, generasi muda bisa memanfaatkan kelebihan yang dimiliki.

Baca juga : Peringati Sumpah Pemuda, Ancol Bersama EcoNusa Ajak Anak Muda Jaga Iklim

Saat ini, menurut.Sudjatmiko, tantangan nyata yang tengah dihadapi adalah pandemi Covid-19. Kata dja, ancamannya bukan senjata. Dan bukan pesawat tempur musuh. Tapi, Covid-19 sudah menyerang Bangsa Indonesia dan juga seluruh dunia.

"Banyak yang meninggal. Ekonomi juga hancur," ucapnya dalam webinar bertajuk "Pemuda Inovatif dan Kreatif Selama Pandemi dan Paska Pandemi Covid-19", yang digelar Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Brunei Darussalam, bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bandar Seri Begawan, Kamis (28/10).

Baca juga : HKTI Ngarep Dijadikan Rumah Bagi Petani

Tapi, dengan adanya teknologi, manusia masih bisa tetap bertemu. Kendati tidak langsung bertatap muka. Namun, dia mengingatkan, kemajuan teknologi informasi yang baik ini jangan sampai digunakan untuk kepentingan negatif dan destruktif. "Seperti menyebarkan fitnah, berita bohong, dan kata-kata kebencian," katanya.

Ia membandingkan dengan generasi pendahulu. Kendati tak memiliki kecanggihan teknologi seperti saat ini, justru mau bersatu demi bangsa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.