Dark/Light Mode

Tingkatkan Kompetisi Sains Pelajar, Ruangguru Kembali Gelar KSR 2021

Rabu, 3 November 2021 21:57 WIB
Tingkatkan Kompetisi Sains Pelajar, Ruangguru Kembali Gelar KSR 2021

RM.id  Rakyat Merdeka - Ruangguru, kembali menyelenggarakan Kompetisi Sains Ruangguru (KSR) untuk jenjang SMP/MTs menyusul KSR jenjang SMA/MA yang telah sukses digelar pada bulan Agustus lalu. KSR SMP/MTs 2021 digelar pada bulan September hingga Oktober 2021, dan Ruangguru kembali berkolaborasi dengan Juri Kompetisi Sains Nasional dan Tim Olimpiade Nasional untuk 3 bidang mata pelajaran, yakni Matematika, IPA, dan IPS.

Head of Corporate Communication Ruangguru, Anggini Setiawan mengatakan, KSR SMP/MTs 2021 merupakan wadah yang bermanfaat untuk mengasah bakat dan kemampuan sains pelajar Indonesia sedari dini. Harapannya, kompetisi ini juga dapat turut mempersiapkan mereka untuk berlaga di jenjang lebih tinggi seperti The International Junior Science Olympiad (IJSO).

Baca juga : Smartfren Kokreasi Buka Peluang untuk Anak Muda Menjadi Generasi Kreatif

Menurutnya, KSR SMP/MTs perdana ini menarik minat 12.010 pelajar SMP/MTs dari 3.448 sekolah di seluruh penjuru Indonesia dan partisipasi para pelajar memberikan temuan dan wawasan variabel yang mungkin mempengaruhi performa mereka di kompetisi ini, seperti tingkat penetrasi internet, PDRBk (Produk Domestik Regional Bruto per kapita), serta rasio guru dan tingkat kompetensinya.

"Ruangguru menyadari bahwa kompetisi dapat menjadi wadah efektif untuk mengasah kemampuan pelajar muda di Indonesia. Mengambil momentum Hari Sumpah Pemuda, Ruangguru meluncurkan Liga Ruangguru, kompetisi pelajar berskala nasional yang dapat diikuti oleh pelajar dari jenjang SD, SMP, dan SMA (sederajat)" ungkapnya.

Baca juga : Tingkatan Daya Saing UMKM, Dapat Perkuat Ekonomi Indonesia

Liga Ruangguru meliputi berbagai bidang pelajaran akademik dan non-akademik, termasuk Bahasa Inggris, kreasi konten media sosial, kesenian, dan mobile gaming, serta menawarkan berbagai hadiah menarik, yaitu uang tunai hingga miliaran rupiah dan kesempatan untuk mengunjungi kampus-kampus ternama di Amerika Serikat bersama para pendiri dan brand ambassador Ruangguru.

Anggini menjelaskan, menyadari bahwa setiap siswa memiliki bakat dan minat yang berbeda, baik dalam bidang akademik, maupun non-akademik. Pada akhirnya, kompetisi akan membantu pelajar mengasah kemampuan dan bakat mereka. Oleh karena itu Liga Ruangguru diluncurkan, untuk memberikan ruang bagi pelajar dalam mengembangkan hobi dan bakatnya sehingga dapat memacu pengembangan karakter diri, terutama dalam hal sportivitas, semangat bekerja sama, belajar, dan persaingan yang sehat.

Baca juga : Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemprov Riau Kembangkan UMKM dan koperasi

"Kami berharap, Liga Ruangguru menerima sambutan baik dari masyarakat, dan dapat menjadi ruang yang bermanfaat untuk turut mengembangkan potensi dan karakter pelajar Indonesia agar menjadi SDM unggul di masa depan.” tutup Anggini. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.