Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Terorisme, Ganjar Dukung Konsep KKTN Di Jateng

Rabu, 17 November 2021 18:34 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat bertemu Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, di Kantor Gubernur Jateng. (Foto: jatengprov.go.id)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat bertemu Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, di Kantor Gubernur Jateng. (Foto: jatengprov.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung penuh konsep Kawasan Khusus Terpadu Nusantara (KKTN) di Jawa Tengah yang digagas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Dia meyakini, langkah tersebut dapat menanggulangi kejahatan terorisme berbasis pembangunan kesejahteraan, termasuk reintegrasi sosial eks napi teroris (napiter).

"Kami sambut baik. BNPT sudah punya program tinggal kita berperan, sharing-lah ya," ujar Ganjar, usai menerima Kepala BNPT Boy Rafli Amar, di Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Baca juga : Lembaga JSI: Ganjar Dan Puan Berpotensi Jadi Capres 2024

"Kalau bicara bisnis tadi teknisnya itu lahan di mana akan kami usulkan ke beliau maka ada assessment di awal. Terus itu nanti kami coba desain di beberapa tempat. Prinsipnya kami akan dukung. Kami juga sepakat untuk bagaimana nantinya mencegah karena ini penting dari edukasi dan lain sebagainya," imbuh politisi PDIP ini.

Ganjar juga mengungkapkan, ada beberapa rencana pendampingan reintegrasi sosial dan deradikalisasi kepada eks napiter yang tersedia. Nantinya, pola-pola tersebut tinggal direplikasi dan dipadukan dengan konsep dari BNPT.

Dengan adanya kerja sama Pemerintah Daerah dengan BNPT dan melibatkan Kesbangpol, Kesra, UMKM, serta Perindustrian, diharapkan para eks napiter bisa mandiri setelah kembali ke masyarakat.

Baca juga : Ganjar Dukung Konsep Kawasan Khusus Terpadu Nusantara BNPT Di Jateng

"Beberapa tadi yang sudah ada di masyarakat dan nanti yang akan keluar juga akan bekerja sama agar kami dapat informasi itu dari BNPT. Terus kami edukasi agar kembali ke pangkuan ibu pertiwi dan bermasyarakat dengan baik. Tugas negara adalah melindungi masyarakatnya begitu dan biar orang lain tahu," bebernya.

Ganjar menambahkan, dalam konsep pembangunan kesejahteraan tersebut, pemerintah daerah akan memberikan dukungan penuh. Baik mereka yang sudah dibina BNPT dan diberikan keterampilan maupun yang baru kembali ke masyarakat akan terus didampingi.

"Tugas saya membantu BNPT di daerah. Kami bantu sampai tuntas termasuk permodalan, pelatihan, sampai pemasaran," tuturnya.

Baca juga : Ayo Cegah Covid Gelombang Ketiga

Sementara Kepala BNPT Boy Rafli Amar menjelaskan, konsep penanggulangan kejahatan terorisme berbasis pembangunan kesejahteraan itu dilakukan dengan cara meningkatkan kesejahteraan eks napiter. Salah satunya, memberikan lapangan pekerjaan, kegiatan-kegiatan di bidang UKM untuk kemandirian di kalangan eks napiter.

Konsep tersebut akan diwujudkan dengan membentuk KKTN di lima provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Tengah.

"Hari ini kami di Jawa Tengah untuk koordinasi masalah teknis yang akan dikerjakan ke depan. Mudah-mudahan bis diwujudkan agar eks napiter yang keluar sudah ada tempat untuk menampung dan memberdayakan mereka. Harapannya ke depan tidak kembali ke kelompoknya dan punya kemandirian bidang ekonomi," beber jenderal polisi bintang tiga ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.