Dark/Light Mode

Cek Lokasi Bencana Banjir-Longsor Di Kecamatan Sibolangit, Mensos Instruksikan Pendirian 7 Titik Lumbung Sosial

Jumat, 19 November 2021 17:22 WIB
Mensos Tri Rismaharini meninjau kawasan terdampak banjir dan longsor di Kabupaten Deli Serdang, dan Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Jumat (19/11). (Foto: Humas Kemensos)
Mensos Tri Rismaharini meninjau kawasan terdampak banjir dan longsor di Kabupaten Deli Serdang, dan Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Jumat (19/11). (Foto: Humas Kemensos)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memulai kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Utara. Pagi tadi, Mensos dan rombongan bergerak menuju kawasan terdampak banjir dan longsor di Kabupaten Deli Serdang, dan Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Lokasi yang menjadi titik kunjungan pertama Mensos adalah Dusun 3, Desa Rumah Kinangkung, Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang.

Baca juga : Dubes Esti Andayani, Dorong Penguatan Kolaborasi Pendidikan Dunia Fashion

Tiba di lokasi, Mensos Risma langsung berjalan kaki dan menuju titik longsor. Sambil mendengarkan masukan, Mensos mengamati dengan seksama lokasi kejadian. Mensos tampak berbincang dengan camat dan kepala desa setempat.

Dari perbincangan dengan tokoh setempat, eks wali kota Surabaya ini merekomendasikan untuk dilakukan relokasi. Melihat kondisi seperti ini, Risma khawatir bisa terjadi longsor susulan. Kalau itu terjadi, akses masyarakat bisa terputus.

Baca juga : Kasus Pajak Di Malaysia, Menpora Pastikan Saddil Ramdani Bisa Pulang Ke Indonesia

"Ada 7 dusun yang rawan terputus aksesnya bila terjadi longsor susulan. Jadi solusinya kita akan siapkan 7 lokasi bufferstock (lumbung sosial). Gunanya sebagai cadangan makanan mereka kalau seandainya terjadi sesuatu," tutur Risma, di lokasi, Jumat (19/11).

Dia juga menyarankan,Wakil Bupati Deli Serdang Ali Yusuf Siregar agar melakukan restorasi jalan. Sebab, kondisi jalan sangat riskan. "Saya lihat hunian warga juga rawan terhadap longsor. Oleh karena itu, kita akan bantu warga untuk direlokasi lahan maupun rumahnya," imbuhnya.

Baca juga : Indodax Selamatkan Satu Nyawa Penderita Penyakit Kritis Setiap Bulan

Dalam kesempatan tersebut, Mensos Risma juga menyerahkan bantuan logistik serta santunan ahli waris dan korban luka. Bantuan serupa disampaikannya pada kunjungan ke titik kedua, yakni kawasan relokasi korban erupsi Gunung Sinabung di Kawasan Relokasi Siosar Desa Siosar Kecamatan Merek Kab. Karo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.