Dark/Light Mode

Ini Tantangan Pekerja Di Era Revolusi Industri 4.0

Jumat, 19 November 2021 21:20 WIB
Forum DigiTalk bertajuk Menangkap Peluang Kerja di Industri 4.0. (Foto: Youtube Ditjen IKP Kominfo)
Forum DigiTalk bertajuk Menangkap Peluang Kerja di Industri 4.0. (Foto: Youtube Ditjen IKP Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Septriana Tangkary mengatakan, tantangan pekerja di era revolusi industri 4.0 sangat kompleks.

Untuk bisa beradaptasi dengan perubahan yang dibawa oleh revolusi industri 4.0, seorang pekerja harus memiliki kemampuan yang tidak dapat dilakukan oleh mesin dan robot.

"Yaitu kemampuan problem solving, critical thinking, dan kreativitas," ujarnya dalam Forum DigiTalk bertajuk Menangkap Peluang Kerja di Industri 4.0 dikutip dari kanal Youtube Ditjen IKP Kominfo, Jumat (19/11).

Baca juga : Ratusan Pesepeda Ikut Tour de Borobudur

Septriana menyebut, transformasi digital dan industri 4.0 akan membawa dampak yang sangat besar terhadap perekonomian Indonesia.

Walaupun di satu sisi revolusi industri 4.0 bisa saja menghilangkan beberapa jenis pekerjaan, namun di sisi lain, juga menghadirkan jenis pekerjaan baru. Misalnya, Social Media Specialist, SEO Specialist, Content Creator, Web Developer, Data Scientist, dan App Developer.

Untuk bisa beradaptasi dengan perubahan yang dibawa oleh revolusi industri 4.0, seorang pekerja harus memiliki kemampuan yang tidak dapat dilakukan oleh mesin.

Baca juga : Hadapi Tantangan Zaman, Menko PMK: Perkuat Semangat Revolusi Mental

Direktur Center for Computing and Information Technology Fakultas Teknik Universitas Indonesia (CEP-CCIT) Muhammad Suryanegara mengatakan, Generasi Z adalah generasi yang akan menjadi leader yang akan mendominasi Indonesia di 10 atau 20 tahun ke depan.

"Dunia sedang berada dalam transformasi penguasaan teknologi, siapa yang menguasai teknologi, dialah yang menjadi pemenang," beber Suryanegara.

Sejalan dengan kiat menangkap peluang kerja, Kementerian Ketenagakerjaan kemudian sudah menyiapkan SISNAKER/SIAPkerja.

Baca juga : Ini 8 Lawan Persib Di Seri 3 Liga 1 Indonesia

SISNAKER/SIAPkerja adalah ekosistem digital yang menjadi platform bagi segala jenis layanan publik bidang ketenagakerjaan, baik di pusat maupun daerah. Sisnaker ini memiliki beberapa layanan. Salah satunya yang paling penting adalah 'Karirhub', di mana terdapat informasi lowongan pekerjaan dari seluruh Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.