Dark/Light Mode

Ini Tantangan Pekerja Di Era Revolusi Industri 4.0

Jumat, 19 November 2021 21:20 WIB
Forum DigiTalk bertajuk Menangkap Peluang Kerja di Industri 4.0. (Foto: Youtube Ditjen IKP Kominfo)
Forum DigiTalk bertajuk Menangkap Peluang Kerja di Industri 4.0. (Foto: Youtube Ditjen IKP Kominfo)

 Sebelumnya 
Pengantar Kerja Ahli Madya Direktorat Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri (PTKDN) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anna Kurnianingsih mengatakan, lowongan kerja tersebut bisa dicocokkan dengan profil pengguna.

Baca juga : Ratusan Pesepeda Ikut Tour de Borobudur

"Manfaatnya banyak bagi para pencari kerja, ada digitalisasi AK-1 (kartu pencari kerja), ada informasi lowongan kerja dalam dan luar negeri, kemudian lowongan juga dicocokkan dengan profil dan lain sebagainya," jelas Anna. 

Baca juga : Hadapi Tantangan Zaman, Menko PMK: Perkuat Semangat Revolusi Mental

Dosen CEP-CCIT FTUI Fachran Nazarullah menjelaskan, esensi dari revolusi 4.0 adalah menyatukan 3 aspek utama, yaitu aset fisik, digital, dan biologi dalam satu kesatuan atau ekosistem. Hampir semua hal akan disangga 3 ekosistem utama, yaitu big data, cloud computing, dan Internet of Things (IoT).

Baca juga : Ini 8 Lawan Persib Di Seri 3 Liga 1 Indonesia

"Maka itu, penting untuk kita meningkatkan kompetensi hard skill dan softbskill. Dengan belajar kita akan terus menambah kompetensi kita menjadi lebih baik, lebih banyak kompetensi yang kita kuasai maka lebih mudah untuk kita masuk ke dunia kerja," beber Fachran. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.