Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pemkot Bontang Belajar Soal Smart City Ke Ganjar Pranowo

Kamis, 2 Desember 2021 18:48 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Instagram)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penerapan smar tcity di beberapa kabupaten/kota di Jawa Tengah menarik perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang, Kalimantan Timur. Mereka datang jauh-jauh ke Jateng hanya untuk belajar penerapan smart city. 

Dipimpin Wakil Wali Kota Bontang, Najirah, rombongan Pemkot Bontang datang ke Kota Semarang. Tampak di antaranya, sejumlah kepala dinas terkait di kota Bontang.

Berita Terkait : Ganjar Jawab Ngalor-Ngidul

Selain datang ke Kota Semarang, rombongan juga mampir ke kantor Pemerintah Provinsi Jateng untuk menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam pertemuan itu, Najirah dan rombongan berbagi pandangan serta ide soal penerapan smart city dengan Ganjar.

"Jadi kami ini ingin belajar tentang smart city di Jawa Tengah. Kami datang ke Kota Semarang karena kota ini sudah menerapkan smart city," bebernya.

Berita Terkait : Pemkot Tangerang Gelar Job Fair Tingkat Kelurahan, Pertama Di Indonesia

Najirah mengatakan, salah satu visi misinya saat Pilkada adalah menjadikan Kota Bontang sebagai smart city. Dia optimis, hal itu akan terwujud dengan cara belajar langsung dari daerah yang sudah menerapkan.

"Makanya kami study banding smart city ini ke Jawa Tengah khususnya di Kota Semarang. Hasil dari sini akan kami terapkan di Kota Bontang," jelas Najirah.

Berita Terkait : Semarak Smart City, BNI Tawarkan Solusi Keuangan Terintegrasi

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengatakan, bukan hal sulit untuk mewujudkan smart city. Tapi yang sulit, adalah mempersiapkan sumber daya untuk mendukung sistem itu.

"Kalau sistemnya sudah jadi, itu mudah. Yang sulit adalah membiasakan SDM-nya karena itu pasti ada perubahan besar," tuturnya.
 Selanjutnya