Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pastikan Keamanan Pengiriman BBM, Elnusa Petrofin Terapkan HSSE

Selasa, 12 Oktober 2021 15:14 WIB
Mobil tanki BBM. (Foto: Ist)
Mobil tanki BBM. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Elnusa Petrofin (EPN) berkomitmen terus menerapkan faktor keamanan dan keselamatan kerja atau Health, Safety, Security, & Environment (HSSE). Ini menjadi bagian atau elemen yang sangat penting, dan tidak terpisahkan bagi seluruh pelaku industri. Khususnya yang bergerak di industri migas.

Dalam menjalankan bisnis dan operasionalnya, cicit usaha PT Elnusa Tbk yang juga anak usaha PT Pertamina Hulu Energi, Sub Holding Upstream PT Pertamina (Persero) ini, memiliki sederet inovasi dari segi teknologi, maupun SDM yang mendukung penguatan HSSE.

Direktur Operasional  & Marketing EPN Nur Kholis mengatakan, salah satu tugas yang dijalankan oleh Elnusa Petrofin yaitu, menghantarkan energi berupa  BBM Pertamina di sejumlah besar wilayah Indonesia. Dalam pendistribusian ini, tentu terdapat risiko yang dapat terjadi khususnya pada saat berkendara di jalan raya.

Untuk itu, EPN telah menerapkan beberapa macam teknologi mulai dari GPS full fitur yang berisi monitoring over speed, idle, black zone, harsh break, harsh corner, harsh acceleration, Buzzer Over Speed, Dashcam, dan Theft Warning System di mobil tangki.

Baca juga : Macan Kemayoran Muda 100 Persen Siap Berlaga Di EPA 2021

"Teknologi Buzzer Over Speed, Dashcam serta GPS menjadi salah satu kontrol utama bagi Mobil Tangki (MT) saat mendistribusikan BBM," ucapnya, Selasa (12/10).

Di mana teknologi tersebut mampu memonitoring seluruh pergerakan serta titik henti MT, memberikan peringatan atau alert langsung jika MT melebihi kecepatan, melakukan kontrol sekitar MT serta tim kontrol pusat dapat berkomunikasi langsung dengan para awak atau supir Mobil Tangki.

Sedangkan dari segi pencegahan illegal BBM, Theft Warning System berfungsi untuk memberikan peringatan jika bottom loader atau corong BBM terbuka bukan pada titik tujuan.

“Seluruh teknologi kita aplikasikan di Mobil Tangki dan terhubung dengan Pusat Kontrol Distribusi Area (PKDA) di setiap wilayah dari Sabang sampai Merauke," katanya.

Baca juga : Bahlil Rayu Volkswagen Bangun Industri Baterai

Sampai saat ini, teknologi GPS, Dashcam maupun Buzzer Overspeed telah terpasang 100 persen di 1719 unit Mobil Tangki baik asset maupun yang dikelola oleh PT Elnusa Petrofin.

Dari sisi SDM, Elnusa Petrofin secara berkala lakukan Defensive Driver Training (DDT) atau pelatihan keselamatan dalam berkendara bagi Awak Mobil Tangki. Sampai pada akhir kuartal III-2021, pihaknya telah menjalankan 91 persen pelatihan DDT. Kemudian diselesaikan pada kuartal IV-2021 di 62 lokasi Fuel maupun Integrated Terminal di seluruh Indonesia.

Elnusa Petrofin katanya, juga telah mengimplementasikan penerapan 12 jam kerja maksimal bagi Awak Mobil Tangki (AMT) di sebagian besar untuk meningkatkan faktor keselamatan berkendara. "Ini mengingat kelelahan menjadi salah satu faktor risiko kecelakaan di jalan raya," imbuhnya.

Ditambah dengan pemberian reward bagi Awak Mobil Tangki yang berprestasi, baik berupa perjalanan ibadah maupun pemberian beasiswa, bagi keluarga khususnya anak Awak Mobil Tangki.

Baca juga : Halaman Masjid Jadi Lahan Pertanian Modern, Erick Tohir Puji Terobosan PLN

Nur Kholis menambahkan, dari keseluruhan implementasi HSSE baik dari segi teknologi maupun SDM, di kuartal II-2021 merujuk pada Customer Satisfaction Index (CSI) atau Survey Kepuasan Pelanggan Alhamdulillah Elnusa Petrofin meraih Index 4,65 dengan Skala 1-5.

"Jadi  bisa dikatakan kinerja Elnusa Petrofin untuk menjalankan tugas serta penerapan HSSE sangat baik," kata Nur Kholis.

Hal ini pun menjadi komitmen bersama, untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kesadaran akan pentingnya HSSE dalam kegiatan operasional. "Selain itu, tentunya kami juga terus melakukan perbaikan maupun penyempurnaan. Mengingat adanya dinamika serta tuntutan di lapangan," pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.